Jumat, September 30, 2022
More
    BeritaWow, Yamaha Vega Force Dibeli Seorang Buruh Pakai Koin Receh

    Wow, Yamaha Vega Force Dibeli Seorang Buruh Pakai Koin Receh

    Jika banyak orang rela membeli motor dengan cara kredit, yang kemudian dicicil setiap bulannya, maka hal itu tidak berlaku bagi seorang buruh asal Semarang, bernama Musa Firuddin yang membeli Yamaha Vega secara cash atau tunai.

    Ya, meski penghasilannya tidak tetap sebagai buruh serabutan di home industry mebel, namun Musa mampu membeli Yamaha Vega Force dengan cara tunai.

    Uniknya, pria berusia 45 tahun tersebut ternyata membeli motor bebek tersebut dengan menukar tiga celengan. Terkejutnya para sejumlah karyawan dealer Yamaha Flagship Shop Semarang, saat celengan dibuka ternyata isinya koin atau receh.

    ”Setiap hari saya harus menabung, memang tidak banyak, kadang Rp 1.000, atau bahkan kadang Rp 500,” ungkap Musa saat membeli motor Yamaha Vega Force.

    Musa mengatakan, celengan tersebut telah diisi koin sejak empat tahun tahun lalu, mulai tahun 2017, dimana kala itu dia memang bertekad ingin membeli motor Yamaha Vega Force untuk menunjang mobilitas.

    “Saya sadar bahwa saya tidak bisa membeli secara langsung karena kondisi ekonomi keluarga yang serba pas-pasan. Satu-satunya cara ya saya harus rajin menabung setiap hari,” ucap Musa.

    “Saya yakin apabila saya melakukannya dengan tekun pasti keinginan saya dapat terwujud,” jelas Musa berkaca-kaca saat menerima kunci sepeda motor impiannya.

    Satu jam menghitung koin

    Sejumlah karyawan Cabang Yamaha Mataram Sakti FSS Semarang ikut menghitung koin yang dibawa Musa untuk membeli Yamaha Vega Force. (Yamaha)

    Aksi Musa yang membeli motor Yamaha Vega Force , memang cukup mengejutkan sejumlah karyawan. Pasalnya, mereka tak mengira ada yang ingin membeli motor namun menggunakan uang receh. 

    Bahkan menurut Kepala Cabang Yamaha Mataram Sakti FSS Semarang, Yudha kedatangan Musa ke dealer sama seperti konsumen lain yang diawali hanya melihat-lihat display, kemudian menentukan unit untuk dipinang.

    Kata Yudha, saat pandangan Pak Musa tertuju kepada unit Yamaha Vega Force, maka hal tersebut bak seorang pria jatuh cinta pada pandangan pertama.

    “Nah, kami kaget manakala Pak Musa menyerahkan tiga celengan dalam ukuran cukup besar sembari berkata, silahkah dihitung, apabila kurang akan saya tambahi secara tunai,” kata Yudha menirukan Musa.

    Saat celengan dipecahkan, setidaknya  Yudha beserta karyawan lainnya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk menyelesaikan penghitungan.

    Spesifikasi Yamaha Vega Force

    Diketahui untuk menebus sebuah motor Yamaha Vega Force OLXers harus menebus mahar sebesar Rp 17,395 juta. Itu pun dengan status on the road Jakarta. Jika berbeda wilayah bisa berbeda lagi harganya.

    Nah, mau tahu spesifikasi Yamaha Vega Force, berikut ulasannya:

    Dimensi

    P x L x T: 1.940 mm x 715 mm x 710 mm

    Jarak Sumbu Roda: 1.235 mm

    Jarak Terendah ke Tanah: 155 mm

    Tinggi Tempat Duduk: 775 mm

    Berat Isi: 96 kg

    Kapasitas Tangki: Bensin 4,0 L

    Mesin

    Tipe Mesin: Liquid cooled 4-stroke, SOHC

    Jumlah/Posisi: Single Cylinder

    Kapasitas Mesin: 155cc

    Diameter x Langkah: 50,0 mm x 57,9 mm

    Perbandingan kompresi: 9,3 : 1

    Daya maksimum: 6,41 kW/ 7.000 rpm

    Torsi maksimum: 9,53 Nm/ 5.500 rpm

    Sistem Starter: Electric Starter, Kick Starter

    Sistem Pelumasan: Basah

    Kapasitas Oli Mesin: Total – 1,0 L ; Berkala 0,80 L

    Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection (FI)

    Tipe Kopling: Basah, Kopling manual, Multiplat

    Tipe Transmisi: Constant mesh, 4-kecepatan

    Sistem pengapian: TCI

    Battery: GTZ4V/ YTZ4V

    Tipe Busi: NGK/CR6HSA

    Rangka

    Tipe Rangka: Backbone

    Suspensi Depan: Teleskopik

    Suspensi Belakang: Swing Arm

    Ban Depan: 70/90 – 17M/C 38L

    Ban Belakang: 80/90 – 17 M/C 44L

    Rem Depan: Single Disc Brake

    Rem Belakang: Drum Brake.

    OLXers yang mau mencari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here