Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsYuk, Kenali Oli Terbaik Untuk Mobil Peugeot Kesayanganmu

    Yuk, Kenali Oli Terbaik Untuk Mobil Peugeot Kesayanganmu

    News.OLX.co.id – Oli atau pelumas di mesin punya peran yang sangat vital dalam menjaga performa kendaraan ada dalam kondisi terbaik. Sehingga pemilik mobil sangat dianjurkan untuk terampil dalam memilih pelumas yang cocok bagi kendaraannya. 

    Untuk diketahui, oli tidak hanya berfungsi melumasi komponen di dalam mesin yang bekerja saat mobil sedang berjalan. Lebih dari itu, oli juga mencegah karat, meredam getar, mengeluarkan kotoran (gram) dan menjaga suhu mesin tetap adem.

    Secara umum, pelumas punya viskositas atau nilai kekentalan oli yang bisa diketahui lewat angka yang tertera di kemasan berdasarkan standar SAE (Society of American Engineering). Semakin tinggi angka yang tertera berarti oli semakin kental.

    “Untuk mengukur tingkat kekentalan pelumas otomotif digunakan standar SAE . Tingkat kekentalan atau angka viskositas ini ditunjukkan dalam bentuk angka. Semakin kecil angkanya, berarti makin encer pelumas,” jelas Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter. 

    Tingkat kekentalan oli ini juga terbagi dua, yakni kekentalan tetap (monograde) dan kekentalan dinamis (multigrade). Contoh untuk oli atau pelumas monograde adalah oli yang SAE 40W yang dipakai untuk melumasi komponen gearbox mobil.

    Sementara untuk jenis oli multigrade contohnya 20W-50 atau 10W-50 yang biasa dipakai komponen mesin.

    Oli dengan SAE 5W-30 berarti memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin (Winter), dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat Celcius.

    Mesin Mobil Modern Butuh Oli Lebih Encer

    Pertanyaan berikutnya tentu bagaimana memilih pelumas yang cocok dengan mobil?

    Roni menjelaskan bahwa saat ini teknologi otomotif sudah semakin canggih sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan oli yang lebih encer.

    “Mesin mobil-mobil baru saat ini cenderung dibuat lebih kompak dan mesinnya dibuat lebih presisi. Pelumas dengan viskositas kecil atau encer cocok digunakan mesin mobil rakitan sekarang yang memiliki komponen lebih banyak, celah antar komponen rapat, dan lubang saluran oli halus. Seperti Peugeot SUV 3008 dan 5008 GT Line atau Allure Plus,” tambahnya.

    Menggunakan oli yang encer membuat oli lebih cepat mengalir dan tidak banyak merintangi gerakan komponen mesin. Contohnya adalah pelumas dengan angka viskositas SAE 10W-30, 10W-40, 15W-30.

    Semua jenis oli tersebut disediakan oleh oli Shell Helix, dimana dalam menyambut Anniversary Astra, Astra Peugeot punya penawaran menarik ‘Beli 4 Liter Oli Astra Shell Helix 5W-30, Gratis 1 Liter Oli’. 

    Program ini hadir di seluruh cabang bengkel resmi Astra Peugeot yang tersebar di Sunter, Cilandak, BSD, Solo, dan Surabaya dan berlangsung hanya hingga akhir Februari 2021 mendatang.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here