Minggu, Mei 29, 2022
More
    Tips & TrikYuk, Periksa Mobil Sebelum Dipakai Mudik Lebaran

    Yuk, Periksa Mobil Sebelum Dipakai Mudik Lebaran

    Mudik lebaran tahun ini tentu akan berkesan. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir masyarakat tak bisa lebaran di kampung halaman lantaran dilarang pemerintah karena dikhawatirkan terjadi penyebaran Covid-19.

    Jika OLXers ingin mudik ke kampung agar bisa berkumpul bersama sanak saudara dan keluarga, sudah sepatutnya melakukan berbagai persiapan secara detail, termasuk kendaraan yang akan dipakai.

    Pertama, secara umum, jika ingin mudik atau melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil pribadi maka siapkan barang-barang seperti obat-obatan, makanan ringan, bantal, selimut, alat dan perlengkapan kesehatan, serta buku atau mainan anak.

    Kedua, tidak lupa untuk membawa hantaran yang akan diberikan untuk keluarga di kampung halaman. Jangan sampai ketinggalan ya, nanti jadi mubazir.

    Ketiga, periksa rute perjalanan. Untuk memeriksa perjalanan saat ini sudah banyak aplikasi berbasis GPS yang bisa diunduh via telepon genggam.

    Keempat, pastikan kondisi tubuh bugar. Khusus OLXers yang mengemudi memang seperti terlihat sepele karena cuma duduk, kemudian hanya injak pedal gas, rem atau kopling.

    Namun di luar itu, mengemudi memerlukan keahlian dan konsentrasi tinggi. Jika tidak, tentu akan cepat Lelah dan mengantuk.

    Maka dari itu, istirahatlah yang cukup pada malam hari sebelum hari keberangkatan. Jika lelah dan mata rasa mengantuk, maka pergi ke rest area dan istirahatkan tubuh 15-30 menit.

    Kelima, jika badan terasa pegal karena terlalu lama di dalam mobil. Beristirahatlah, kemudian lakukan peregangan ringan.

    Jika ada secangkir kopi, tidak ada salahnya untuk meminumnya. Karena kopi memiliki sumber kafein dan efeknya akan terasa setelah 30 menit meminumnya.

    Cek bagian mobil sebelum mudik

    Pengecekan mobil
    Ilustrasi pengecekan mesin mobil. (Herdi Muhardi)

    OLXers yang ingin mudik lebaran dengan mengendarai mobil pribadi, yuk cek lagi komponennya sebelum dipakai.

    Atau, jika OLXers merasa tak tahu soal seluk belum bagian mobil bisa juga membawanya langsung ke bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan.

    Adapun beberapa bagian mobil yang wajib di cek yaitu:

    1. Sistem pengereman

    Bagian sistem pengereman sudah pasti harus diperiksa, mulai dari cairan rem, piringan cakram, hingga bantalan rem.

    Melansir Mercedes-Benz, pada bagian rem yang harus dicek yaitu permukaannya, pastikan tidak ada lekukan, retakan, korosi atau kotoran pada rem.

    Selain itu, pastikan tingkat cairan rem ada di atas batas minimum. Tingkat cairan rem yang rendah akan menyebabkan udara mengisi celah di saluran rem dapat menyebabkan pengereman tidak maksimal dan membahayakan.

    Selain itu, cairan rem memiliki masa pakai.

    2. Ban

    Karet Ban
    Ilustrasi pemilihan seorang pria memilih ban. (Shutterstock)

    Bagian mobil yang juga harus dilakukan pemeriksaan yaitu kaki-kaki, seperti tekanan ban mobil. Pasalnya, tekanan angin yang rendah bisa berbahaya, karena bisa menjadi penyebab ban pecah.

    Tekanan ban yang rendah juga dapat mempengaruhi performa kendaraan dan juga efisiensi bahan bakar.

    Sebaliknya, tekanan ban yang terlalu tinggi bisa membuat pengalaman mengendara Anda menjadi kurang nyaman.

    Bagi mobil dengan ban cadangan, jangan lupa untuk memeriksa kondisi dan tekanan ban cadangan agar aman digunakan jika perlu.  

    Baca juga  Jalur Alternatif Jakarta-Bandung, Cirebon-Jawa Tengah Saat One Way

    3. Baterai/aki

    Komponen mobil yang juga perlu diperiksa yaitu baterai atau aki. Pastikan kondisi fisik baterai apakah terjadi kebocoran, korosi atau kerusakan.

    Jika sudah berusia lebih dari dua tahun, dianjurkan untuk memeriksa di bengkel.

    Pemeriksaan baterai mencakup analisa mendalam seputar daya baterai. Pemeriksaan baterai secara rutin dapat membuat lebih tenang saat melakukan perjalanan.

    4. Lampu-lampu

    Bagian mobil yang perlu dilakukan pemeriksaan yaitu lampu-lampu, mulai dari lampu utama, lampu jauh, sein, kabut, hingga lampu rem atau lampu belakang.

    Pasalnya selama perjalanan kita tidak tahu bagaimana kondisi jalan nanti. Apakah masih mengemudi di malam hari, atau tiba-tiba hujan dan membutuhkan lampu kabut.

    Oia, pada bagian kabin juga ada lampu lho. Meski dianggap sepele sebaiknya di cek karena bisa saja lampu kabin dimanfaatkan untuk mencari sesuatu yang terjatuh.

    Selain itu ada juga lampu di layar instrument cluster. Nah, jika lampu-lampu pada bagian ini menyala, biasanya akan berhubungan dengan adanya masalah pada bagian lain.

    5. Kaca-kaca

    Kaca mobil
    Kaca mobil perlu dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin. (Shutterstock)

    Bagian mobil yang juga harus dicek yaitu kaca. Sebab, bukan tak mungkin untuk kaca jadi tidak jernih karena ada kerusakan, bercak air, hingga jamur dan mineral deposit yang menempel.

    Kaca mobil bermasalah, tentunya dapat mengganggu pandangan saat hujan atau ketika malam hari. Biasanya, ketika kaca bermasalah maka cahaya dari arah berlawanan akan terlihat berpendar dan menyilaukan.

    6. Wiper

    Wiper juga perlu dilakukan pemeriksaan. Sebab, wiper sangat berguna untuk menghapus kotoran maupun cairan yang menempel di kaca jendela.

    Maka dari itu, untuk memastikan wiper kondisinya baik, pastikan tidak ada retakan atau sobekan, dan karetnya masih elastis.

    Kondisi karet wiper bisa menurun karena penggunaan dan faktor cuaca. Biasanya karet yang kerap terpapar matahari dan hujan, bisa menyebabkan getas.

    Selain wiper, periksa juga cairan wiper agar tetap bisa digunakan saat perlu.

    7. Mesin

    Perawawatan mesin mobil
    Ilustrasi pengecekan dan perawatan mobil. (Shutterstock)

    Mesin jadi bagian vital dalam sebuah kendaraan, karena jadi modal sebuah mobil bergerak dari tempat satu ke tempat lainnya. Maka dari itu, bagian mesin wajib diperiksa dan dilakukan perawatan.

    Pada bagian mesin ini sangat kompleks, apalagi lokasinya di dalam kap yang saling berhubungan dengan berbagai komponen mulai dari blok silinder, radiator, mesin, AC, pendingin mesin, dan masih banyak lainnya

    Tapi yang perlu diperhatikan, pastikan saluran dan selang di kompartemen mesin berada pada kondisi baik, tidak bocor, terarah dengan benar dan terpasang dengan aman.

    Selain itu, periksa tingkat oli mesin agar berada di atas batas minimal, kemudian periksa juga tingkat ketinggian cairan pendingin radiator, tambahkan jika perlu.

    Selain itu, bagian pada mobil yang perlu dicek yaitu sistem bahan bakar, sistem kemudi, sistem pengereman, transmisi dan Komponen kelistrikan

    Nah itulah beberapa bagian yang harus dicek, pada mobil juga hendak akan mudik atau melakukan perjalanan jarak jauh.

    Mau beli mobil bekas berkualitas, yuk cek di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here