Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAki Kering Lebih Mahal daripada Aki Basah, Apa Alasannya?

    Aki Kering Lebih Mahal daripada Aki Basah, Apa Alasannya?

    Aki kering lebih mahal, ternyata ini kelebihannya.

    News.OLX – Aki dalam dunia otomotif mempunyai banyak sekali jenis. Namun yang sering digunakan oleh masyarakat adalah aki basah dan aki kering. Namun, seiring dengan zaman ternyata aki kering menjadi pilihan yang sering dicari juga oleh konsumen.

    Aki kering atau maintenance free (MF), ternyata isinya sama seperti aki basah yaitu cairan elektroda namun dalam bentuk gel yang padat. Yang menjadi keunggulan dibandingkan dengan aki basah karena tak ada ritual isi ulang air aki.

    Meskipun banyak yang kontra dengan aki kering karena lebih mahal dibandingkan dengan aki basah, namun efisiensi nya sangat memudahkan pemilik mobil dalam merawatnya.

    Baca juga: Pilihan Mobil Listrik di Indonesia Makin Banyak, Ada Apa Saja?

    Dan lebih lanjut, kamu bisa pahami alasannya mengapa aki kering lebih mahal dari aki basah beserta penjelasannya sebagai berikut:

    1. Desain lebih canggih

    Aki kering memiliki desain yang lebih canggih dan elegan dibandingkan dengan aki basah. Dan aki kering ini umumnya memiliki konstruksi yang lebih rapi dan komponen yang lebih presisi dibandingkan aki basah.

    Karena teknologi produksi yang lebih maju dan proses yang lebih rumit, yang dapat meningkatkan biaya produksi. Sehingga tidak salah bahwa harga aki kering memang sedikit lebih mahal.

    2. Teknologi sealing yang modern

    Aki kering ini dirancang dengan teknologi segel yang kuat untuk mencegah kebocoran asam atau elektrolit. Segel ini memerlukan bahan dan teknik produksi khusus sehingga kualutas dari segel ini tidak perlu diragukan.

    Baca juga: Ini Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Tune Up

    Oleh karena itu, mahalnya aki kering sangat setimpal dengan ketahanan yang dia miliki sehingga membuat kamu merasa lebih aman saat berkendara tanpa takut adanya masalah pada kelistrikan.

    aki kering (1)

    3. Perawatan minim

    Salah satu keunggulan utama aki kering adalah mereka memerlukan perawatan yang jauh lebih sedikit daripada aki basah.

    Karena aki kering dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan daya tahan lebih lama dan memerlukan sedikit perawatan, yang dapat menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi.

    4. Kapasitas lebih tinggi

    Alasan selanjutnya, aki kering memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada aki basah dalam hal penyimpanan energi. Hal itu dikarenakan bentuknya yang padat, sehingga efisiensi ruang pada aki pun lebih optimal.

    Ini berarti mereka dapat memberikan daya yang lebih kuat dan tahan lebih lama dalam situasi pemakaian yang tinggi, seperti untuk kendaraan dengan banyak fitur listrik tambahan.

    5. Umur yang lebih lama

    Aki kering cenderung memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan aki basah. Jadi kamu mungkin tidak perlu mengganti aki secepat mengganti aki basah, yang dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

    6. Kualitas bahan yang lebih baik

    Hampir keseluruhan aki kering yang dijual di pasaran menggunakan bahan berkualitas tinggi yang lebih tahan terhadap korosi dan degradasi. Ini dapat meningkatkan umur aki dan membuatnya lebih andal.

    7. Kemampuan untuk beroperasi di berbagai posisi

    Dan karena jenis aki kering ini padat, jadi aki ini memang dirancang untuk beroperasi dalam berbagai posisi dan di segala medan, dan kebanyakan mobil off road menggunakan aki kering, yang membuatnya lebih serbaguna dan praktis daripada aki basah.

    Meskipun aki kering lebih mahal untuk dibeli, banyak pengendara memilihnya karena kelebihan yang ditawarkannya dalam hal perawatan yang lebih mudah dan umur yang lebih panjang.

    Baca juga: Awas Ketipu, Ini Tips Mengetahui Mobil Bekas Tabrak

    Namun, keputusan untuk memilih aki kering atau aki basah juga harus dipertimbangkan dengan kebutuhan spesifik kendaraan dan anggaran kamu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait