Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Manfaat Menguras Air Radiator Secara Berkala?

    Apa Manfaat Menguras Air Radiator Secara Berkala?

    Dear pemilik mobil, jangan lupa nguras air radiator!

    News.OLX – Mesin mobil termasuk rentan mengalami overheat atau panas berlebih. Namun, untuk mengurangi risiko overheat ini, mesin mobil dilengkapi dengan sistem pendingin. Salah satunya ialah air radiator mobil yang berfungsi untuk menstabilkan suhu pada mobil.

    Tidak hanya oli mesin yang perlu diganti berkala, air radiator pun sama halnya. Air radiator atau disebut dengan coolant pun perlu dikuras secara berkala dan menggantinya. Hal ini tentunya mendatangkan berbagai manfaat. Apa saja kah itu?

    Manfaat menguras air radiator secara berkala

    Ternyata menguras air radiator secara berkala memiliki berbagai manfaat. Selain untuk membersihkan radiator dari kotoran yang menempel, hal ini bisa memperpanjang usia pakai thermostat.

    Baca juga: Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bercampur Air Radiator

    Tentunya ini berpengaruh karena jika radiator jarang dikuras, maka akan membuat jalur sistem pendingin jadi berkerak begitupun di area sekitar thermostat. Kerak yang menempel di sekitar thermostat sering kali menjadi biang masalah dari thermostat yang macet.

    Untuk itu, menguras air radiator perlu dilakukan secara berkala setiap 25.000 kilometer pemakaian sekali atau 6 bulan sekali agar bersih serta sistem pendinginan mesin dapat bekerja dengan optimal.

    Untuk menjaga agar radiator dapat berfungsi dengan baik juga, kamu perlu mengganti coolant secara berkala dengan cairan khusus. Tidak disarankan mengganti cairan khusus air radiator dengan air biasa atau air AC sekalipun.

    Baca juga: Fungsi Radiator Mobil, Ini Komponen dan Cara Kerja Hingga Perawatannya

    Kamu juga bisa lho menguras air radiator dan menggantinya sendiri di rumah. Seperti apa caranya?

    Air Radiator 2

    Cara mudah menguras radiator mobil

    Sebelum kamu mengganti cairan radiator, pertama kamu harus menguras air radiatornya terlebih dahulu. Berikut ini cara-cara mudah menguras radiator mobil.

    1. Cari komponen radiator mobil

    Selesai berkendara, segera matikan mesin mobil dan dinginkan selama beberapa menit. Setelah itu, kamu bisa mencari komponen radiator yang ada di dalam kap mesin. Cari tutup radiator dengan tanda yang bertuliskan pendingin radiator.

    2. Siapkan wadah untuk menampung air radiator

    Sediakan baskom kering yang tidak digunakan untuk menampung air radiator. Baskom ini yang kemudian akan ikut dibuang bersamaan dengan air radiatornya.

    Baca juga: Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Hal ini dikarenakan tidak boleh membuang cairan radiator sembarangan di jalanan karena bisa mencemari lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan.

    3. Kuras air radiator hingga habis

    Kemudian, kuras air radiator mobil dengan membuka penutupnya. Kamu bisa membuka lubang pembuangan air radiator di bagian bawah dengan cara masuk dari bagian bawah mobil dan mencari katup ataupun selang karet sebagai seal diameter.

    Ambil wadah penampung dan letakkan tepat di bawah selang atau kran radiator dan putar katup ke arah kiri hingga terlepas. Tunggu hingga beberapa menit sampai semua cairan radiator benar-benar terkuras.

    4. Bersihkan tangki radiator dengan air bersih

    Setelah tidak ada lagi coolant di dalam tangki, tutup kembali katup radiator lalu masukkan air bersih ke dalam tangki radiator. Lalu, panaskan mesin mobil sekitar 15 menit untuk membersihkan sisa-sisa cairan yang terendap agar terangkat ke atas.

    Baca juga: Kapan Ganti Air Radiator? Ciri Cairan Pendingin Harus Diganti!

    Lalu tempatkan lagi penampung air radiator di bawah dan buka lagi penutupnya agar terkuras hingga bersih.

    5. Lap kering bagian luar dan selang radiator

    Tunggulah kurang lebih 5 menit hingga bagian dalam radiator kering. Sambil menunggu, kamu juga bisa membersihkan bagian tutup radiator, selang, atau bahkan kran radiator serta sisi radiator agar tidak ada debu atau kotoran menempel.  Setelah kering, tutup kembali.

    6. Masukan coolant baru

    Setelah semua proses menguras air radiator selesai, kamu bisa masukan coolant yang masih baru ke dalam tangki untuk membantu sistem pending mobil bekerja dengan lebih efektif.

    7. Hidupkan kembali mesin mobil dan cek kebocoran

    Terakhir, kamu bisa kembali nyalakan mesin selama 2 hingga 3 menit agar bisa melihat apakah tangki radiator mengalami kebocoran atau tidak.

    Baca juga: Cara Menguras Air Radiator Mobil dengan Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri

    Jika tidak ada rembesan air atau coolant, maka kamu bisa mematikan mesin dan proses menguras air radiator selesai.

    Tentunya manfaat untuk menguras air radiator secara berkala ini memiliki banyak manfaat positif bagi kendaraanmu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi serta manfaat positif yang bisa kamu lakukan untuk kendaraan kamu melalui OLX.

    Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dan tips menarik lainnya seputar otomotif, bahkan mencari kendaraan bekas impianmu melalui OLX.

    Yuk, sekarang juga kunjungi website OLX atau unduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait