Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBerapa Harga BMW E36 Bekas, Ini Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli.

    Berapa Harga BMW E36 Bekas, Ini Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli.

    Cek harga BMW E36 bekas hingga tips membelinya agar tidak salah pilih pada artikel ini!

    News.OLX – BMW E36 adalah salah satu tipe produk BMW yang cukup banyak diminati oleh penggemar otomotif, sekalipun usianya memang tidak lagi muda. Mobil yang menjadi bagian dari BMW Seri 3 tersebut dibuat dalam rentang waktu 1992 hingga 1998 lalu.

    Jika tertarik, pastikan untuk tahu berapa kisaran harga BMW E36 bekas sekaligus tips membelinya agar mendapatkan produk terbaik. Mengingat usianya yang cukup rentan dengan berbagai permasalahan.

    Seri dan Harga BMW E36 Bekas

    Daripada BMW E30 yang menjadi pendahulunya, seri E36 ini memiliki penampilan yang lebih modern, karena lebih dinamis dan bulat. Desain kacanya dibuat lebih landai dengan dimensi yang membesar. Sementara bagian bumper terkesan agresif, sehingga menambah kegagahan model ini.

    Lampu sennya terlihat lebih pipih, sementara lampu belakang terlihat lebih minimalis, namun masih menggunakan desain paten berupa garis di area sentralnya.

    Cukup banyak seri BMW E36 yang rilis di Indonesia diperdagangkan secara masal, yaitu tipe  318i, 320i, 323i biasa dan 323i Limited Edition.

    Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri yang bisa menyasar berbagai kalangan penggemar otomotif. Di pasaran, harga BMW E36 bekas saat ini cukup bervariasi, tergantung pada serinya. Namun rata-rata harga mobil sedan ini dibanderol pada kisaran Rp50 juta sampai Rp100 juta.

    Tips Membeli BMW E36 Bekas

    Ketika hendak membeli BMW E36 bekas, maka pastikan untuk mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti:

    1. Cek Keadaan Mesinnya

    Pastikan kamu telah memeriksa keadaan seal-seal pada mesin, terutama mengenai ada tidaknya rembesan oli. Pastikan jangan langsung terpesona dengan tampilan bodi yang terlihat bersih dan mengkilap. Di area kolong mobil tersebut, cek juga mengenai ada tidaknya lelehan oli.

    Kemudian, cobalah menyalakan mesin sembari memperhatikan bahwa knalpot tidak mengeluarkan asap hitam dan tidak mengeluarkan suara “tek…tek…tek…tek” yang sangat keras. Jika kedua hal tersebut terjadi, maka kemungkinan besar pemilik sebelumnya sangat jarang memelihara BMW E36 tersebut.

    bmw 2

    2. Perhatikan Bodi Mobil

    Untuk mobil yang berusia lebih dari 20 tahun, kemungkinan besar karat di bagian bodi adalah masalah utamanya, terlebih jika kurang terawat. Oleh karena itu, ceklah keadaan bodi tersebut dengan menyeluruh. Hal tersebut memastikan bahwa tidak ada karat yang tersembunyi.

    Setelah itu, bagian eksterior juga harus lengkap, mulai dari kaca yang bebas baret dan retak, lampu lengkap, serta gril yang tidak patah.

    3. Memperhatikan Kelistrikan

    Untuk cek bagian kelistrikan, kamu bisa memeriksa kotak sekering. Perhatikan tipe sekering yang dipakai. Sekering BMW bertipe keramik merupakan sekering yang original.

    Usahakanlah agar sekeringnya masih asli, sebab versi asli BMW sudah terbukti memiliki daya tahan tinggi daripada tipe aftermarket. Pastikan juga tidak ada area perkabelan yang di-jumper asal-asalan. Sebab arus pendek bisa muncul jika caranya asal.

    4. Sistem Pendingin Mesin

    Beberapa mobil keluaran Eropa kerap mengalami masalah pada sistem pendingin mesin ketika usianya semakin tua, sehingga BMW E36 juga memiliki potensi serupa.

    Oleh karena itu, ceklah apakah radiatornya masih asli atau diganti dan normal tidaknya temperatur mesin. Kamu juga bisa cek elastisitas pada selang radiatornya dengan menekan selang tersebut.

    5. Test Drive

    Terakhir, pastikanlah untuk tidak melewatkan test drive, terlebih ketika semua aspek di atas ternyata sudah terpenuhi. Kamu bisa mengemudikannya dalam kecepatan sedang. Cek juga mulus tidaknya transmisi ketika perpindahan gigi mobil.

    Jika sudah tahu, maka segeralah cari unit BMW E36 ini melalui OLX. Pastikan juga untuk unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait