Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBiar Nggak Mundur, Begini Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan

    Biar Nggak Mundur, Begini Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan

    Ini dia cara pindahkan gigi mobil matic YANG BENAR DI TANJAKAN!

    Biasanya hal ini umum terjadi dan dilakukan oleh para pengemudi yang baru mengendarai dengan gigi mobil matic. Hal ini meskipun sepele tapi bisa jadi berbahaya untuk kamu ataupun kendaraan yang ada di belakang kamu.

    Oleh sebab itu, kamu harus memahami bagaimana caranya pindah gigi mobil matic yang tepat walau di tanjakan atau pegunungan sekalipun. Tentunya selain untuk kepuasan diri kamu sendiri saat mengendarai dengan nyaman, tentunya perasaan para penumpang yang akan menjadi lebih merasa aman.

    Tips pindah gigi mobil matic di tanjakan

    Saat mengemudikan kendaraan, penting untuk memiliki sikap terampil dan cekatan agar meminimalisir adanya kesalahan yang berakibat fatal. Dalam kondisi yang sedang dibahas, banyak orang yang bingung cara pindah gigi mobil matic di jalan yang menanjak

    Baca juga: Cara Menghidupkan Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter Berdasarkan 7 Penyebabnya

    Jika kamu tidak paham benar cara pindah gigi mobil matic, mobil bisa mundur dan membahayakan kendaraan di belakangnya juga. Untuk itu, berikut Olx hadirkan 5 tips untuk memindahkan gigi mobil matic saat berada di tanjakan. 

    Pelajari fungsi tuas gigi mobil matic 

    mobil matic

    Jika selama kamu mengemudi kamu hanya paham beberapa fungsi tuas gigi mobil matic, untuk mengendarai mobil yang aman dan nyaman maka kamu harus tahu semua fungsi tuas transmisi di mobil matic.

    Umumnya, beberapa tuas transmisi pada mobil matic terdiri dari huruf dan angka berikut ini macam-macam tuas gigi mobil matic, yakni sebagai berikut:

    • P (Parking): Tuas ini digunakan untuk memarkirkan mobil sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak bisa bergerak walau didorong sekalipun.
    • R (Reverse): Artinya gigi mundur.
    • N (Neutral): Pada tuas ini, mesin dan transmisi tidak akan terhubung.
    • D (Drive): Tuas ini artinya jalan. Mobil dengan posisi D akan bergerak maju. Dengan posisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem. 
    • 2: Artinya menahan gigi tertinggi di gigi 2. Angka 2 pada transmisi matic biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam.

    Baca juga: Cara Mengemudi Mobil Matic yang Benar untuk Pemula, Lebih Mudah dari Manual

    Terkadang jika hanya menggunakan gigi D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak. 

    • L: Artinya menahan gigi tertinggi di gigi 1. 
    • Shift Lock: Fungsinya untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindahkan ke posisi N ketika mesin mati. Shift Lock bermanfaat saat parkir paralel sehingga mobil matic bisa didorong untuk menggesernya. 
    • Perhatikan kecuraman tanjakan

    Setelah mengetahui fungsi dari seluruh gigi pada mobil matic, selanjutnya kamu bisa perhatikan tingkat kecuraman tanjakan. Hal ini penting karena akan mempengaruhi tuas gigi mobil matic yang akan kamu gunakan.

    • Cocokan tuas transmisi dengan kondisi jalan

    Apabila kamu ada di jalan tanjakan daerah pedesaan maupun pegunungan yang umumnya lebih curam, kamu tidak bisa hanya menggunakan mode D saja. Kamu butuh transmisi D2 untuk bisa melalui ini dengan mudah.

    Baca juga: Cari Mobil Matic di Bawah 100 Juta? Ini Dia Pilihannya

    Jika tanjakannya curam, gunakan posisi D1. Posisi ini bisa membantu kamu melaju di tanjakan yang sangat curam atau ketika terjebak saat macet dan berjalan merayap di tanjakan. 

    • Jangan injak rem saat kondisi posisi D ke D1

    Sebaiknya, hindari menggunakan rem terlalu dalam atau kamu tidak perlu menggunakannya sama sekali saat akan melakukan perpindahan tuas gigi dari posisi D ke D2 atau D1. Kamu hanya harus menekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi.

    • Berlatih

    Kamu harus terbiasa menggunakan mobil matic saat kondisi jalan menanjak dengan cara terus berlatih. Dengan begitu, akselerasi mobil matic jadi lebih bertahap atau berjenjang ketika sedang mengendarai. 

    Baca juga: 5 Cara Mudah Mengendarai Mobil Matic Saat Melintasi Banjir

    Oleh karenanya kamu harus konsentrasi dan lakukan hal-hal di atas agar mobil kamu tidak mundur saat berada di tanjakan.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya serta jual beli mobil bekas di OLX. Untuk mempermudahnya, kamu juga bisa unduh aplikasi OLX melalui Play Store atau App Store

    Populer
    GIIAS 2023
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait