Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBody Repair Untuk Mobil Bekas, Berapa Biayanya?

    Body Repair Untuk Mobil Bekas, Berapa Biayanya?

    Beda bengkel body repair, beda biaya!

    News.OLX – Jika kamu baru saja membeli mobil bekas, kemungkinan kamu akan menemukan sejumlah goresan pada bodinya yang membuat tampilannya terganggu.

    Bila sudah begini, mau tidak mau kamu terpaksa harus melakukan body repair. Body repair pada mobil sendiri bertujuan untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak dan mengembalikan bodi mobil seperti sedia kala.

    Banyak bengkel yang menyediakan body repair, mulai dari bengkel cat pinggir jalan sampai bengkel resmi banyak yang menyediakan jasa ini. Namun, kita harus tahu kualitas pengerjaan dan harga yang mereka tawarkan.

    Menentukan tempat untuk melakukan body repair

    Jika kamu baru pertama kali melakukan body repair pada mobil, kamu pasti bingung memilih di bengkel mana yang memberikan hasil terbaik dengan harga wajar. Dan juga kamu harus berhati-hati apabila hendak memilih bengkel body repair.

    Baca juga: Tol Getaci Jadi Jalan Bebas Hambatan Terpanjang di Indonesia, Segini Perkiraan Tarifnya

    Jangan mudah tergiur dengan harga murah karena kualitas akhirnya pasti merugikan untuk kamu ke depannya. Biasanya hasil akhir malah belang atau tidak merata karena hanya mengejar harga murah dan cepat selesai.

    Hal sederhana yang bisa jadi pertimbangan awal memilih bengkel yaitu riwayat kerja bengkel. Semakin lama bengkel itu berdiri, semakin banyak pengalaman yang pernah ditangani. Dan menandakan bila bengkel tersebut dipercaya dan memiliki pelanggan tetap.

    Sebelum membawa mobil ke bengkel, kita bisa curhat dulu dengan kerabat terdekat yang sudah pernah melakukan hal itu terlebih dahulu. Karena bengkel yang bagus tak akan membiarkan konsumennya kecewa dan pasti memberikan kesan yang baik.

    Biaya body repair di bengkel non resmi

    Kisaran biaya di bengkel non resmi biasanya dipatok per panel. Untuk panel kecil, ditawarkan harga Rp 350 ribu – Rp 600 ribu. 

    Lalu panel besar, mereka menawarkan biaya body repair sebesar Rp 600 ribu – Rp 800 ribu. Jika ingin full body, sekitar Rp 8 juta – Rp 5 juta.

    body repair (1) (1)

    Biaya body repair di bengkel resmi

    Untuk bengkel resmi. Secara harga, bengkel resmi tergolong lebih mahal dibandingkan bengkel non resmi. Untuk panel kecil dan besar, bengkel resmi menawarkan harga Rp 700 ribu – Rp 1,5 juta. 

    Baca juga: Mudah Ditemukan di Rumah, Bahan-Bahan Ini Bisa Menghilangkan Jamur Pada Bodi Mobil

    Adapun untuk full body, bengkel resmi menawarkan harga di angka Rp 15 juta. Harga itu belum termasuk biaya pengelasan ataupun biaya lainnya.

    Biaya body repair di bengkel cat duco

    Di antara dua bengkel sebelumnya, bengkel cat duco punya kisaran harga yang paling murah. Untuk per panelnya, bengkel cat duco hanya menerapkan tarif Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu.

    Adapun untuk full body, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 2,5 juta – Rp 5 juta. Menariknya, semua harga yang ditawarkan bisa kamu nego, hingga sesuai dengan harga yang kamu inginkan.

    Akhirnya, untuk menentukan bengkel jangan berprasangka buruk terlebih dulu. Jika ingin memilih yang hemat di kantong, biasanya banyak yang memberikan rekomendasi ke bengkel non resmi atau bengkel cat duco.

    Baca juga: Pertimbangkan 7 Hal ini Sebelum Kamu Ganti Karpet Mobil!

    Dan faktanya, kedua bengkel tersebut juga bisa memiliki kualitas yang sama dengan bengkel resmi. Bengkel non resmi biasanya langsung melakukan perbaikan di tempat setelah melakukan negosiasi harga.

    Tetapi jika kamu memiliki dana lebih untuk melakukan body repair di bengkel resmi, lebih baik kamu melakukannya disana. Karena di bengkel resmi terdapat garansi jika tidak sesuai dengan kamu inginkan, mereka bersedia untuk melakukan ulang.

    Jangan sampai, tarif yang dipasang terlalu mahal namun kualitas garapan asal-asalan. Bengkel yang bisa memberikan jaminan kualitas dengan harga yang masuk akal, tentunya bakal diserbu oleh konsumen.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait