Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBisakah Mobil yang Kecelakaan Sampai Ringsek Klaim Asuransi?

    Bisakah Mobil yang Kecelakaan Sampai Ringsek Klaim Asuransi?

    Ini persyaratan klaim asuransi untuk mobil yang kecelakaan hingga ringsek.

    News.OLX – Kecelakaan menjadi kasus yang paling sering terdengar di berita akhir-akhir ini. Sehingga, banyak dari masyarakat sekarang mulai sadar untuk memberikan asuransi kepada mobil kesayangannya untuk mencegah hal-hal yang tidak baik di masa depan.

    Asuransi mobil sendiri tidak hanya bermanfaat untuk perlindungan diri sebagai pemilik saat di jalan, namun investasi yang tepat juga untuk kendaraan serta orang di sekitar kamu dalam jangka panjang.

    Namun, salah satu kasus yang membuat masyarakat belum berani menggunakan asuransi mobil adalah jika akhirnya menemukan kondisi kendaraan sampai ringsek, apakah asuransi tetap bisa menanggung kasus tersebut?

    Jawabannya adalah bisa. Berikut ini adalah penjelasan singkat bagaimana memilih asuransi yang tepat untuk melindungi kendaraan kamu dan cara mengklaimnya jika kecelakaan yang terjadi membuat mobil jadi ringsek:

    Pemilihan asuransi mobil yang tepat

    Sebelum melakukan klaim asuransi mobil ringsek akibat kecelakaan, kamu harus pahami jenis asuransi yang diikuti. Biasanya ada dua jenis asuransi, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Apa perbedaan dari kedua jenis asuransi tersebut?

    Asuransi all risk adalah jenis perlindungan untuk mobil yang menyeluruh dan bisa menangani semua kerusakannya. Mulai kerusakan minor hingga major, seperti penyok, baret sampai tabrakan yang mengakibatkan bentuk bodi mobil berubah. 

    Sementara asuransi TLO (total loss only) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan. Dan asuransi jenis ini dapat menjamin ganti rugi saat mobil terlibat kecelakaan dengan kerusakan bodi mobil sampai ringsek!

    Semua hal tersebut tentu berdasarkan pasal-pasal pertanggungan yang tertera di dalam polis (kontrak) asuransinya. Jadi sebelum lakukan klaim asuransi mobil, pastikan dulu jenis dan pertanggungan asuransi yang kamu dapatkan. 

    kecelakaan (1)

    Klaim asuransi mobil yang ringsek

    Dalam klaim asuransi, semakin cepat kamu melaporkan kecelakaan akan semakin bagus nilai yang didapatkan. Kantor asuransi biasanya memberikan jeda waktu sampai maksimum 3 hari setelah kejadian untuk melaporkannya.

    Alangkah baiknya jika kamu memberikan edukasi kepada sanak keluarga atau kerabat terdekat jika baru saja mengalami kasus itu, untuk tidak lupa menghubungi kantor asuransi mobil secepatnya setelah kejadian. 

    Untuk dapat melakukan klaim asuransi mobil biasanya diperlukan sejumlah berkas bukti terjadinya kecelakaan, seperti kartu identitas diri dan identitas asuransi mobil. 

    Lalu, mintalah dokumen pendukung berupa surat keterangan dari kantor kepolisian terkait terjadinya kecelakaan. Dokumen-dokumen itu dikumpulkan bersama foto-foto bukti kecelakaan dan kondisi fisik kendaraan.

    Saat pihak asuransi menangani hal ini, biasanya kamu akan diminta membuat kronologi kejadian. Semakin lengkap dan jelas kronologi kejadian, maka proses klaim asuransi mobil akan semakin cepat dan ringkas. 

    Dan langkah terakhir yang harus dilakukan adalah pihak asuransi akan memberikan formulir klaim asuransi dengan didukung bukti dokumen SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan surat polis asuransi.

    Pastikan semua dokumen tersebut masih berlaku saat kejadian dan asuransi yang kamu pilih memang benar menanggung kasus tersebut. 

    Pasalnya jika kadaluarsa atau tidak ada dalam perjanjian, maka klaim asuransi mobil pasti ditolak. Beberapa kondisi lain yang bisa membuat klaim asuransi ditolak adalah :

    • Batas waktu pengajuan klaim telah terlewati.
    • Klausul pertanggungan asuransi yang tidak sesuai.
    • Berada dalam masa tunggu (jeda). Biasanya ini berlaku untuk peserta asuransi baru.
    • Wilayah kejadian kecelakaan di luar cakupan asuransi.

    Asuransi memang memberikan perlindungan untuk diri kamu sendiri dan kendaraan. Namun, tetap berkendara dengan hati-hati ya, meski mobil telah terlindungi asuransi. Utamakan keselamatan diri sendiri dan sesama pengguna jalan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait