Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    BeritaBus Listrik MAB Siap Terapkan Perangkat Keselamatan Canggih, Apa Saja?

    Bus Listrik MAB Siap Terapkan Perangkat Keselamatan Canggih, Apa Saja?

    Berbagai teknologi canggih diterapkan pada kendaraan listrik. Hal ini ternyata akan dilakukan bus listrik besutan PT Mobil Anak Bangsa atau MAB yang siap dibenamkan perangkat teknologi modern agar meningkatkan kualitas layanan dan aspek keselamatan ketika di jalan.

    Untuk mengembangkan teknologi ini, PT MAB berkolaborasi dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN), dimana akan ada perangkat TAM Fleet (TKDN Advance Mobility) yang sudah dilengkapi teknologi teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI) 

    Kerjasama PT MAB dan PT TKDN dilakukan disela acara pameran Perklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 22-31 Juli 2022.

    “Kerjasama dengan perusahaan pelopor produksi bus listrik MAB dalam penggunaan perangkat dan sistem IoT TAM Fleet rencananya di lebih dari 300 unit bus listrik,” ungkap Presiden Direktur TKDN, David Santoso, Selasa (26/7/2022).

    Tidak hanya itu, TKDN juga mendukung pembuatan platform aplikasi untuk pengguna motor listrik yang diproduksi MAB, dengan fitur seperti dapat melihat status baterai, melacak, dan memantau posisi kendaraan secara real time.

    “Kami berharap dengan teknologi dan platform TAM Fleet ini akan menjadi salah satu value added bagi perusahaan dan pelanggan kami dalam menggunakan unit bus atau motor listrik dengan pengalaman berbeda,” kata Direktur Utama MAB Kelik Irwantono.

    Teknologi dan Fitur Bus MAB

    Dengan adanya teknologi IoT dan AI, nantinya bus MAB dibekali beberapa fitur menarik, seperti Driver Safety Monitoring (DSM) yang dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

    Fitur lainnya yaitu Blind Spot Detection yang memanfaatkan 3D depth camera with AI, sehingga bus mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan disekitar armada dengan keakuratan mencapai 95 persen sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas. 

    Tak hanya itu, fitur lainnya yaitu Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan Indicator R-Watch juga ada pada bus MAB, dimana fungsi fitur tersebut yaitu dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan. 

    Salah satu teknologi AI pada perangkat APC adalah dapat menghitung jumlah penumpang yang naik secara akurat.

    Bus Listrik MAB Laris Manis

    Di ajang PEVS 2022, Selasa (26/7/2022) PT MAB tak hanya sekadar memamerkan wujud dari bus listrik. Sebab, mereka juga telah melakukan penandatanganan konfirmasi pembelian bus listrik dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Chandra Asri Petrochemicals (CAP), PT Kaltim Parna Industri (KPI) dan Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang).

    Selain itu, MAB juga mengadakan seremoni penghargaan kepada PT Kideco Jaya Agung (Kideco) yang telah melakukan pembelian bus listrik dari MAB pada akhir tahun 2021, berupa 7 unit bus berukuran 12 meter dan 2 unit bus berukuran 8 meter.

    Kata Kelik, pembelian produk bus listrik MAB merupakan kepercayaan sejumlah perusahaan kepada hasil karya bangsa sendiri.

    “Bagi MAB, kami akan terus berkomitmen mengembangkan produk-produk kendaraan listrik termasuk menghasilkan produk kendaraan listrik yang berkualitas untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan,” tutupnya.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait