Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Aman dan Nyaman Ganti Ban Motor Matic Supaya Terlihat Keren

    Cara Aman dan Nyaman Ganti Ban Motor Matic Supaya Terlihat Keren

    Salah satu modifikasi yang kerap dilakukan para pemilik motor matic, yaitu pada bagian kaki-kaki, seperti velg dan ban.

    Tak sedikit pemilik memodifikasi bagian kaki-kaki, tanpa mengedepankan nilai-nilai safety riding atau keselamatan berkendara.

    Menurut Trainer Yamaha Racing Academy Safety Riding Fajar Afriansyah, saat memodifikasi kaki-kaki pada motor perlu diperhatikan ukuran standar rodanya.

    Sebab, untuk sepeda motor matic biasanya memiliki dimensi antara 12 inci, 13 inci dan 14 inci.

    “Jika ingin merubah dengan ukuran yang lebih besar atau kecil silahkan saja, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti saat ingin ikut ajang modifikasi, modifikasi ban motor bisa dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing,” ungkap Fajar dalam keterangannya.

    Ban sepeda motor Yamaha Nmax melakat di jalanan.
    Ban sepeda motor Yamaha Nmax melakat di jalanan.

    Fajar menyatakan, jika pemilik motor matic mengganti dengan ukuran ban lebih kecil, seperti ban sepeda diperbolehkan namun tidak disarankan karena tidak safety riding.

    “Modifikasi seperti itu hanya untuk kepentingan saat ajang saja bukan untuk dikendarai di jalan raya karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain,” jelasnya.

    Kata Fajar, agar pengendara tetap nyaman dan aman saat di jalan raya, maka ketika memodifikasi ban sepeda motor setidaknya plus dua tingkat dari ukuran standar.

    Misalnya, ban standar motor matic standarnya berukuran  90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci.

    Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan spakbor.

    Ban dan aksesori

    Lantas bagaimana jika mengubah tampilan ban motor agar tampak makin keren, maka menggunakan beragam aksesori pada sidewall atau dengan pengganti pentil standar.

    Menurutnya, penggunan aksesori pada motor yang dimodifikasi tidak ada masalah, selama tidak mengganggu keselamatan.

    “Sebaiknya modifikasi ban motor dilakukan di bengkel resmi. Jika ingin ganti ban dengan ukuran yang berbeda, percayakan kepada tenaga professional,” ucapnya.

    Fajar menyatakan, ban merupakan komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara dan jadi satu-satunya bagian dari motor yang melekat ke aspal.

    Maka dari itu, jika hendak dimodifikasi, maka harus mengikuti saran dari orang ahli dan mumpuni di bidangnya.

    Jika OLXers sedang mencari atau ingin beli mobil bekas bisa kunjungi OLX Autos.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait