Senin, Mei 6, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Jumper Aki Mobil dengan Aman dan Benar

    Cara Jumper Aki Mobil dengan Aman dan Benar

    Pastikan aki donor juga sehat, supaya maksimal dalam membagi aliran setrum.

    News.OLX – Apabila mobil kamu tiba-tiba sulit dihidupkan meskipun sudah beberapa kali di-starter, kemungkinan aki mobil mengalami masalah. 

    Meski membawa mobil ke bengkel merupakan solusi ideal, dalam situasi darurat, kamu dapat mencoba cara jumper aki mobil yang aman dan benar seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

    Penyebab aki lemah

    Penyebab umum aki mobil lemah bisa karena faktor usia atau ketidaksesuaian kapasitas. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengaplikasikan langkah-langkah jumper aki mobil yang benar.

    Langkah-langkah jumper aki mobil

    Untuk melakukan jumper aki mobil, berikut langkah-langkahnya.

    1. Pastikan aki donor yang digunakan masih dalam kondisi baik 

    Langkah pertama dalam cara jumper aki mobil adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan, termasuk socket relay, kabel jumper, fuse box, terminal konektor, dan ring terminal. 

    Pastikan aki donor yang digunakan masih dalam kondisi baik dan memiliki voltase yang sesuai dengan mobil yang mengalami masalah.

    2. Atur posisi mobil

    Setelah peralatan siap, langkah berikutnya adalah mengatur posisi mobil. Pastikan mobil berada dalam posisi diam, dengan transmisi netral atau parkir, dan sistem kelistrikan mati. Lalu, buka kap mobil dan periksa posisi aki untuk memulai proses jumper.

    jumper aki mobil (2)

    3. Hubungkan kedua aki 

    Kemudian, hubungkan kedua aki menggunakan kabel jumper berwarna merah. Pastikan penjepit kabel terhubung dengan benar pada kutub positif dan negatif sesuai simbol pada aki. 

    Setelah itu, hidupkan mesin mobil donor terlebih dahulu, baru kemudian hidupkan mesin mobil yang aki-nya bermasalah. Diamkan beberapa saat hingga arus listrik dari aki donor mencapai aki yang bermasalah. 

    Jika aki yang bermasalah dapat dihidupkan kembali, langkah terakhir adalah melepas kabel jumper dengan hati-hati. Lepaskan kabel negatif terlebih dahulu, lalu kabel positif pada aki yang bermasalah dan aki donor.

    Dengan memahami langkah-langkah cara jumper aki mobil, Anda dapat mengatasi masalah aki secara sederhana dalam situasi darurat. Namun, sebaiknya segera periksakan aki mobil ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut dan pencegahan masalah di masa depan.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait