Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFungsi dan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Rem Tangan

    Fungsi dan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Rem Tangan

    Saat ini yang sering terjadi di lapangan adalah banyak pengendara mobil masih kurang tepat dalam menggunakan rem tangan. Karena masalah tersebut, rem tangan sering berakhir dengan malfungsi yang disebabkan oleh penggunaan yang kurang efisien tersebut.

    Rem tangan adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, terutama mobil. Fungsi utama rem tangan adalah untuk mengunci roda belakang kendaraan agar tidak bergerak saat kendaraan parkir. 

    Selain itu, rem tangan juga digunakan sebagai pengamanan khusus ketika kendaraan sedang dalam masalah, seperti mengatasi masalah rem utama yang rusak atau untuk melakukan tindakan darurat.

    Baca juga: Mau Pakai Plat Nomor Cantik? Segini Biayanya!

    Sebelum membahas lebih lanjut, kita pahami dulu jenis-jenis rem tangan mobil beserta fungsi pada setiap jenisnya.

    1. Rem tangan stik

    Jenis rem tangan stik ini banyak dijumpai baik untuk mobil manual atau mobil otomatis. Sesuai namanya, model rem ini dilengkapi dengan stik yang biasanya terletak di tengah console mobil. 

    Rem tangan stik digunakan dengan cara menarik atau mengangkat stik tersebut ke atas untuk mengunci posisi mobil saat parkir. Sedangkan untuk melepas cengkraman rem, cukup tekan tombol yang terletak pada stik rem tangan dan turunkan stik ke posisi semula.

    Perbedaan yang terlihat jelas dari jenis rem tangan ini adalah pengendara mobil terkadang harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menggunakannya. Bahkan, jika di dalam kondisi macet sering terjadi kejadian lucu tidak bisa menarik tuas karena berat loh.

    rem

    2. Rem tangan elektrik

    Rem tangan elektrik atau yang lebih banyak dikenal rem tangan tombol ini menjadi model yang disukai oleh masyarakat karena kemudahan saat penggunaannya karena memiliki desain dengan bentuk yang kecil dan minimalis. 

    Baca juga: Kebiasaan Buruk Ini Berdampak Mobil Boros Bensin

    Cara menggunakan rem tangan elektrik yaitu dengan menarik tuas yang ada pada tombol tersebut hanya dengan menggunakan jari saja. Hanya sedikit tarik tuas ke atas dan rem akan bekerja untuk menghentikan mobil.

    Waktu yang tepat untuk gunakan rem tangan

    Setelah mengenal jenis-jenis rem tangan pada mobil, berikut dibawah ini adalah beberapa situasi dan waktu yang tepat untuk menggunakan rem tangan:

    1. Saat parkir dalam waktu yang lama

    Rem tangan sebaiknya selalu digunakan saat memarkir kendaraan, terutama jika kendaraan tidak akan digunakan dalam kurun waktu yang lama. Ini mencegah kendaraan bergeser dan mengurangi risiko kecelakaan.

    Disarankan untuk kamu menggunakan rem tangan dalam posisi transmisi P pada mobil atau untuk mobil manual disarankan pada posisi netral dan memastikan rem tangan sudah mengunci.

    2. Saat berada di tanjakan

    Jika kamu ingin memarkirkan kendaraan atau sedang berhenti di tanjakan, rem tangan sangat wajib digunakan untuk mengunci roda belakang. Ini akan mencegah kendaraan dari bergeser ke bawah dan mempertahankan stabilitas mobil.

    3. Saat berada di lereng

    Begitupun juga saat mobil berada di lereng, baik itu memarkirkan atau berhenti, rem tangan juga sebaiknya digunakan saat berada di daerah tersebut. Ini akan mencegah kendaraan dari bergeser secara tidak terkendali.

    4. Ketika rem utama bermasalah

    Jika sistem rem utama pada kendaraan kamu mengalami masalah atau kebocoran, rem tangan dapat digunakan sebagai cadangan. 

    Baca juga: Apa Itu Engine Flush, Manfaat dan Waktu yang Tepat Melakukannya

    Ini akan membantu kamu mengendalikan kendaraan dengan lebih baik daripada hanya mengandalkan rem utama yang rusak.

    5. Saat melakukan tindakan darurat

    Dalam situasi darurat, seperti ada pengereman mendadak di depan kita atau berada di posisi yang rawan, rem tangan dapat digunakan untuk membantu menghentikan kendaraan dengan lebih cepat dan lebih aman.

    Penting untuk diingat bahwa rem tangan tidak seharusnya digunakan sebagai pengganti rem utama saat mengemudi sehari-hari. Rem utama adalah sistem utama untuk mengendalikan kecepatan dan berhenti kendaraan Anda. 

    Rem tangan sebaiknya hanya digunakan dalam situasi-situasi khusus yang telah disebutkan di atas. Selalu pastikan rem tangan dalam kondisi baik dan dirawat dengan baik. 

    Baca juga: Jenis Tuas Transmisi Mobil Matic dan Perbedaannya

    Jika kamu tidak yakin tentang penggunaan rem tangan atau ada masalah dengan sistem rem pada kendaraan, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik atau teknisi kendaraan yang berpengalaman. Keselamatan kamu dan orang lain di jalan adalah yang terpenting.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait