Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    BeritaHonda dan Nissan Jepang Pangkas Produksi, Ini Sebabnya

    Honda dan Nissan Jepang Pangkas Produksi, Ini Sebabnya

    Honda jepang pangkas produksi akibat Pasokan komponen dari Asia Tenggara terhenti karena banjir yang melanda Malaysia pada akhir tahun lalu. 

    Honda dan Nissan mengumumkan rencananya untuk menurunkan volume produksi di pabrik mereka yang ada di Jepang pada bulan Februari 2022 akibat terkendala rantai pasokan yang terjadi di dalam dan luar negeri.

    Dari keterangan yang ada, Honda terpaksa menyusutkan volume produksinya hingga 10% dari total produksi yang direncanakan bulan November lalu.

    Pemangkasan produksi tersebut dilakukan di dua pabrik perakitan Honda di Jepang. Kurang lebih angkanya mencapai hingga 60.000 unit.

    Padahal di November lalu, Honda sempat memprediksi angka produksi secara global akan kembali normal di bulan Januari 2022 lalu.

    Krisis komponen non-semikonduktor ini terkait erat dengan terhentinya pasokan komponen dari Asia Tenggara akibat banjir yang melanda Malaysia pada akhir tahun lalu. 

    Tapi terkait bencana banjir tersebut, tingkat produksi di Desember dan Januari akkhirnya harus mereka turunkan hingga 5%. 

    Honda menjadi produsen mobil Jepang pertama yang menjadi korban dari bencana banjir Malaysia, dan diyakini beberapa produsen mobil lainnya akan mengikuti jejak Honda. 

    Salah satunya adalah Nissan yang juga sudah mengumumkan pemangkasan total produksi secara global hingga 10.000 unit di bulan Februari ini.

    Angka tersebut secara persentase mewakili hingga 4% dari rencana sebelumnya.

    Awalnya Nissan juga sama dengan Honda yang berencana untuk mengembalikan tingkat produksi sesuai dengan proyeksi pada bulan Januari.

    Tetapi wabah Corona yang kembali meluas di negara pemasok memaksa mereka untuk memangkas produksi shingga 4%. 

    Dilansir dari NikkeiAsia, Nissan juga membatalkan rencana mereka untuk mengoperasikan dua pabriknya di Prefektur Kanagawa.

    Beli mobil Honda bekas berkualitas hanya di OLX Autos, banyak pilihan, harga bervariasi dan pastinya aman. Cek pilihan mobil Honda bekas berkualitas DISINI!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait