Senin, Mei 6, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Alasan Kenapa Aki Motor Bawaan Lebih Awet dari Aki Pengganti

    Ini Alasan Kenapa Aki Motor Bawaan Lebih Awet dari Aki Pengganti

    Apa yang membuat aki motor bawaan cenderung lebih tahan lama dari aki pengganti? Cek faktanya berikut ini!

    News.OLX – Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa aki bawaan motor cenderung memiliki usia pemakaian yang lebih panjang dibandingkan dengan aki pengganti?

    Hal ini lantaran bahwa aki yang digunakan dalam motor baru memiliki kondisi yang masih fresh. Selain itu aki tersebut diproduksi dan langsung dirakit di motor pada hari yang sama dari pabrik.

    Sedangkan aki yang dibeli di toko kemungkinan sudah tersimpan dalam jangka waktu yang lama sebelum digunakan.

    Lalu kondisi pengisian listrik pada motor baru cenderung lebih optimal dibandingkan motor yang sudah berusia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika usia pemakaian aki bawaan motor dapat lebih panjang dan andal.

    Menurut keterangan Yuasa Battery, disebutkan rata-rata usia pemakaian aki bawaan motor itu 3 sampai 4 tahun.

    Jadi, jika misalkan usia pemakaian aki bawaan motor kamu sudah di atas 4 tahun harus bersiap-siap menggantinya dengan yang baru.

    speedometer vario 125 (3)

    Supaya aki tetap tahan lama

    Supaya aki motor tahan lama, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kondisi fisik aki, termasuk pengecekan level air aki jika menggunakan aki basah.

    Pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan pada aki. Selain itu saat melakukan pengisian ulang aki, pastikan menggunakan pengisi aki yang sesuai dengan jenis aki motor.

    Hindari overcharging, karena hal ini dapat merusak sel aki. Sebaiknya jangan gunakan aki motor untuk menghidupkan perangkat listrik tambahan jika tidak diperlukan.

    Penggunaan aki untuk keperluan lain selain menghidupkan motor dapat mempercepat penurunan kapasitas aki. Begitupun dengan melakukan start elektrik yang terlalu lama. Serta jangan menyimpan motor untuk jangka waktu yang lama.

    Dengan menerapkan langkah-langkah perawatan sederhana ini, kamu dapat memperpanjang usia pemakaian aki motor dan menghindari masalah yang tidak diinginkan.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait