Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Penyebab Utama Mesin Motor Hilang Kompresi

    Ini Penyebab Utama Mesin Motor Hilang Kompresi

    Motor sulit dinyalakan salah satu tanda mesin kehilangan kompresi.

    News.OLX – Kompresi mesin adalah suatu kondisi di mana udara dan bahan bakar yang terdapat di dalam ruang bakar mesin kendaraan dipadatkan sebelum dinyalakan. 

    Dalam satu kondisi jika mesin motor bermasalah, kompresi akan mengalami penurunan bahkan hilang. Hilangnya kompresi pada mesin motor dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan kondisi ini perlu segera diidentifikasi dan diperbaiki agar kinerja mesin dapat dipulihkan. 

    Menurut Wahana Honda, beberapa penyebab utama hilangnya kompresi pada mesin motor adalah:

    1. Rusaknya Seal Klep

    Salah satu penyebab utama mesin motor hilang kompresi adalah seal klep rusak. Kondisi ini membuat udara bocor dari ruang bakar ke ruang pembakaran, menyebabkan hilangnya kompresi. 

    2. Ring piston aus

    Ring piston yang aus atau patah dapat mengakibatkan kebocoran kompresi. Umumnya Ring piston aus karena adanya gesekan berlebih pada dinding silinder.

    3. Gasket kepala silinder rusak

    Gasket kepala silinder yang bocor atau rusak dapat memungkinkan kebocoran kompresi di antara ruang bakar dan ruang pendingin mesin.

    4. Klep terlalu rapat

    Klep yang bengkok atau rusak mungkin tidak dapat menutup dengan baik, menyebabkan kebocoran kompresi. Klep yang terlalu rapat juga bisa menyebabkan motor kehilangan kompresi.

    kompresi 2

    5. Filter udara kotor

    Filter udara berfungsi menyaring udara kotor tidak masuk ke karburator atau sistem injeksi. Jika udara yang masuk bersih, maka pembakaran juga lebih baik. 

    Sebaliknya, jika udara kotor yang masuk ke ruang bakar membuat pembakaran tidak maksimal. Maka dari itu pastikan filter udara selalu dalam kondisi bersih.

    6. Pompa oli rusak

    Pompa oli yang rusak dapat mengakibatkan kurangnya pelumasan pada komponen-komponen mesin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan keausan dan kebocoran kompresi.

    7. Kualitas BBM buruk

    Motor sering menenggak BBM dengan kualitas buruk akan mempengaruhi performa mesin. Baiknya dalam memilih BBM disesuaikan dengan tingkat kompresi motor. Oktan yang tepat dapat membantu pembakaran mesin.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait