Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJenis Kaca Film Mobil Ternyata Beragam, Awas Salah Pilih!

    Jenis Kaca Film Mobil Ternyata Beragam, Awas Salah Pilih!

    Yuk ketahui jenis kaca film mobil sesuai kebutuhanmu!

    News.OLX – Kaca film mobil merupakan suatu aksesori yang kerap digunakan oleh pemilik kendaraan roda empat tersebut.

    Selain mampu mempercantik tampilan kendaraan, komponen ini juga memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengemudi. Salah satu fungsi yang sangat dirasakan adalah kemampuannya untuk menghalangi sinar matahari.

    Dengan demikian, pengemudi dan penumpang di bagian belakang tidak akan terganggu oleh silau cahaya matahari. Selain itu, kaca film juga berperan dalam menjaga privasi penghuni kendaraan.

    Tak hanya memiliki beragam fungsi, kaca film juga tersedia dalam berbagai jenis, yang mana jenis tersebut memiliki pengaruh langsung terhadap fungsinya.

    Untuk itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis kaca film mobil beserta kelebihan dan kekurangannya agar dapat membuat pilihan yang tepat.

    1. Visible Light Transmittance (VLT)

    Jenis pertama adalah kaca film VLT, yang memungkinkan penembusan cahaya dari luar ke dalam kendaraan.

    Meskipun situasi di luar kendaraan dapat terlihat dengan jelas dari dalam, privasi penghuni kendaraan tetap terjaga. Namun, perlu diperhatikan bahwa kaca ini mungkin kurang cocok bagi yang tidak tahan terhadap sinar matahari yang menyengat.

    2. Ultraviolet Rejection (UVR)

    Kaca film UVR memiliki perbedaan dengan jenis sebelumnya, yaitu mampu membatasi masuknya sinar ultraviolet ke dalam kendaraan.

    Jenis ini sangat cocok bagi yang tidak menyukai panas matahari saat mengemudi, serta dapat mengurangi risiko pengeroposan bagian dalam kendaraan akibat paparan sinar matahari yang berkurang.

    3. Infrared Reflectance (IRR)

    Kaca film IRR berfungsi untuk menghalangi sinar inframerah dari matahari. Pengguna dapat memilih persentase yang berbeda-beda sesuai kebutuhan, dimana semakin tinggi persentasenya, semakin banyak sinar inframerah yang diblokir.

    4. Solar Energy Rejection (TSER)

    Jenis terakhir yang akan dibahas adalah kaca film TSER, yang dirancang untuk menolak sinar matahari agar tidak masuk ke dalam kendaraan. Persentase penolakan sinar matahari juga dapat diatur sesuai preferensi pengguna.

    kaca film mobil (1) (1)

    Tips memilih kaca film mobil

    Setelah memahami jenis-jenis kaca film, penting buat kamu untuk mengetahui tips dalam memilih kaca film mobil. Yang pertama adalah memilih kaca film yang menggunakan bahan Nano Ceramic, yang lebih tebal dibandingkan dengan bahan lainnya.

    Kemudian, sesuaikan tingkat kepekatan dengan kebutuhan. Dengan memilih kepekatan yang lebih rendah untuk bagian depan dan lebih tinggi untuk bagian samping dan belakang.

    Tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan dengan memilih kaca film yang dilengkapi dengan pelindung sinar UV 400, teknologi night vision, dan Anti Blue Light. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

    Dengan mempertimbangkan jenis dan tips di atas, kamu dapat membuat pilihan kaca film yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan dan preferensi pribadi.

    Penting juga untuk tetap merawat semua aksesori mobil guna memastikan tampilan kendaraan tetap optimal dan mendukung pengalaman berkendara yang maksimal.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait