Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKabel Kopling Motor Putus, Apa Yang Harus Dilakukan?

    Kabel Kopling Motor Putus, Apa Yang Harus Dilakukan?

    Gunakan Spare part asli untuk mencegah kerusakan pada kopling motor.

    News.OLX – Kejadian kopling motor putus bisa saja terjadi ketika sedang asyik berkendara di tengah jalan, tetapi tidak perlu panik. Pengendara yang mengalami kejadian ini tidak perlu khawatir berlebihan ataupun merasa bingung.

    Ada cara darurat yang dapat dilakukan untuk menjalankan motor meskipun kabel koplingnya putus. Berikut penjelasannya.

    Motor tetap bisa digunakan tanpa kopling

    Tuner terkenal di arena balap nasional, Suhartanto alias Kupret, memberikan tips berharga bahwa motor masih bisa digunakan dengan aman tanpa menggunakan kopling. Hal ini aman dilakukan dan tidak merusak mesin, asalkan tekniknya benar

    “Kalau motor sudah jalan, memindahkan gigi tanpa pencet tuas kopling sebenarnya aman saja. Tidak ada kendala pada mesin,” kata Kupret, seperti dikutip Gridoto.com.

    Menurut Kupret, memindahkan gigi tanpa menggunakan tuas kopling pada motor manual sebenarnya aman. Bahkan, di dunia balap, hal ini sering dilakukan untuk mempercepat perpindahan gigi.

    “Di balap semuanya juga seperti itu agar perpindahan gigi lebih cepat,” tambah dia.

    Namun, dia menegaskan, hal ini tentu perlu dilakukan dengan beberapa langkah teknis agar motor tetap dapat berjalan dengan baik setelah kabel kopling putus. Langkah awal yang perlu diambil adalah memastikan bahwa motor dalam kondisi diam sebelum mencoba menjalankannya tanpa kopling.

    “Kemudian, nyalakan mesin dalam posisi gigi persneling netral. Agar mesin tidak mati saat mencoba memasukkan gigi tanpa memencet tuas kopling yang putus, dorong motor sedikit sampai mulai berjalan, baru masukkan gigi,” sambung dia.

    Kupret menjelaskan, dengan melakukan dorongan sedikit terlebih dahulu, mesin motor tidak akan mati saat gigi dimasukkan tanpa memencet kopling. Setelah motor berjalan, kamu dapat dengan aman menaikkan atau menurunkan gigi persneling seperti biasa tanpa khawatir mesin mati.

    “Namun, penting untuk mengurangi kecepatan sebelum menurunkan gigi agar engine brake berjalan lebih halus,” ungkap dia.

    Sebagai tips terakhir, ketika hendak berhenti, kamu perlu menetralkan gigi persneling sebelum motor benar-benar berhenti. Hal ini dilakukan untuk menghindari mesin motor terus berjalan atau mati karena gigi masih masuk saat dalam posisi berhenti.

    kopling motor 2

    Penyebab tali kopling motor putus

    Penyebab kabel kopling putus pada motor bisa bervariasi, dan salah satu faktor yang umum terjadi adalah kerusakan pada bagian selang atau rumah kabel kopling. Kerusakan ini dapat terjadi baik pada bagian dalam rumah kabel maupun pada selang kopling itu sendiri.

    Gesekan yang berkepanjangan akibat kerusakan ini dapat mengakibatkan kabel baja kopling putus. Alhasil, ini dapat menghentikan fungsi kopling dan membutuhkan penanganan darurat.

    Salah satu penyebab lain yang mungkin kurang dikenal adalah rumah kabel yang tertekuk. Hal ini dapat menciptakan penyempitan pada bagian tertentu yang dapat menyebabkan gesekan pada kabel kopling yang akhirnya menyebabkan putusnya kabel kopling.

    Selain itu, bagian handle dan bracket handle yang tidak menggunakan part original juga dapat menjadi penyebab kabel kopling putus. Penggunaan part imitasi yang kurang presisi dapat menciptakan area dengan gesekan yang tinggi hingga akhirnya kabel tersebut putus.

    Gunakan spare part asli

    Penting untuk diingat bahwa penggunaan suku cadang asli dan perawatan yang baik merupakan faktor kunci dalam mencegah kerusakan pada sistem kopling. Perawatan rutin dan pemilihan suku cadang yang berkualitas dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada bagian-bagian kritis seperti kabel kopling.

    Jika terjadi kejadian darurat di jalan, pemahaman tentang cara darurat untuk menjalankan motor tanpa kopling, seperti yang dijelaskan sebelumnya, dapat dilakukan. Hal ini dapat membantu kamu mengatasi situasi dengan aman.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait