Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    InformasiModifikasiKeren, Desain Mobil Listrik Bergaya SUV Karya Tim Arjuna UGM

    Keren, Desain Mobil Listrik Bergaya SUV Karya Tim Arjuna UGM

    Tim Mobil Listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM), baru-baru ini telah mendesain mobil listrik bergaya Sport Utility Vehicle (SUV), yang disebut ARCANA atau Arjuna Car for Indonesia.

    Bahkan desain mobil yang dibuat mahasiswa ini diikutsertakan dalam kompetisi Sustainable Electric Vehicle Design yang diselenggarakan oleh Formula Jakarta E-Prix 2022.

    Hasilnya, kompetisi yang diikuti berbagai universitas terkemuka di Indonesia, mengukuhkan desain mobil listrik ARCANA, dinobatkan jadi juara pertama.

    Menurut Ketua Tim Arjuna EV UGM, Thariq Faros, timnya selalu berpartisipasi dalam perkembangan riset dan inovasi pada mobil listrik agar dapat memajukan industri mobil listrik di Indonesia. Terlebih jika adanya dukungan penuh dari pemerintah.

    “Oleh karena itu, bagi teman-teman mahasiswa yang tertarik untuk terjun ke dalam riset kendaraan listrik jangan patah semangat untuk terus berkarya dan lakukan yang terbaik,” ungkap Thariq dalam keterangannya. 

    “Karena suatu saat kendaraan listrik akan menjangkau segala jenis transportasi yang ada di Indonesia,” sambung Thariq.

    Sementara itu, Ketua Departemen Elektronis Tim Arjuna EV UGM, Leonard Fidelcristo Supit menyatakan, keikutsertaan dalam kompetisi jadi kesempatan menguji dan mengasah kemampuan.

    “Kegiatan ini juga untuk mendapatkan pengetahuan dalam aspek teknologi mobil listrik dan sistem perencanaan bisnis yang baik,” ujarnya.

    Sekilas desain mobil listrik ARCANA

    Kondisi desain kabin mobil listrik Arcana.

    Seperti disebutkan di atas, ARCANA merupakan singkatan dari Arjuna Car for Indonesia.

    Seandainya desain ARCANA direalisasikan, mobil ini memiliki dimensi panjang 3.905 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.582 mm, dan jarak sumbu roda 2.775 meter.

    Secara keseluruhan, bobot mobil ini mencapai 1.900 kilogram dengan kapasitas penyimpanan bagasi mencapai 450 liter.

    Berdasarkan desain yang dirancang oleh tim Arjuna EV UGM, ARCANA memiliki tiga mode berkendara, normal mode, eco mode dan sport mode.

    Untuk normal mode kecepatan maksimal mencapai 97,4 km per jam, eco mode 76,6 km per jam, dan sport mode 154,5 km per jam.

    Seandainya diproduksi, tim Arjuna EV UGM  ingin membenamkan ARCANA dengan fitur Arjuna Smart Mobility (ASM) sebagai sistem cerdas yang tersusun atas processing unit, aktuator, dan berbagai sensor lainnya.

    Sistem tersebut mampu memenuhi kelas 3 dari SAE Levels of Autonomous SAE J30613. 

    Alhasil, sistem kendali dalam mobil mampu dijalankan dengan otomatisasi tinggi, dimana kendali mengemudi akan dijalankan oleh sistem secara dinamis.

    Dengan adanya fitur ini pula diharapkan, pengemudi akan merespon tepat ketika terdapat situasi emergency yang membutuhkan campur tangan manusia.

    Adapun untuk jantung pacu yang tepat, mobil ini akan dibenamkan baterai lithium-ion dengan pengisian daya cepat 107 kW dengan kemampuan pengisian daya dari 10-80 persen dalam waktu 43 menit.

    Pengguna kendaraan ARCANA hanya perlu mengisi daya kendaraan selama 12 menit untuk dapat menjangkau jarak 100 kilometer. 

    Prestasi tim Arjuna UGM

    Tim Arjuna EV UGM, jadi juara desain mobil listrik dalam kompetisi Sustainable Electric Vehicle Design Competition yang digelar Formula Jakarta E-Prix 2022.

    Bagi tim Arjuna EV UGM, mengikuti kompetisi Sustainable Electric Vehicle Design Competition dan menjadi pemenang merupakan pengalaman yang dapat dijadikan pelajaran bersama.

    Pasalnya, kompetisi dengan skala internasional, membuat tim Arjuna EV UGM bisa saling terbuka dan bertukar pemikiran serta pengetahuan.

    Sebelumnya, tim Arjuna EV UGM sempat mendapatkan predikat Juara 1 Desain Mobil dalam kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh PLN yaitu Innovation & Competition in Electricity (ICE) tahun 2021.

    Saat ini, Tim Arjuna EV UGM sedang berlomba di ajang Pi-EV Formula Bharat India yang diadakan secara daring. 

    Tim Arjuna EV UGM berharap, dapat memperoleh prestasi kembali setelah tahun lalu mendapatkan penghargaan Best Battery Design dan 3rd Place Team Management Report.

    Selain itu, Tim Arjuna juga berencana untuk mengikuti perlombaan Formula SAE Australasia yang bertempat di Victoria, Australia pada bulan Desember 2022 mendatang.

    Dengan begitu, Tim Arjuna EV UGM berharap besar agar berkesempatan berpartisipasi dan kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. 

    Untuk mencapai itu, Tim Arjuna EV UGM tentu sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dan terbuka untuk berbagai macam dukungan yang akan diberikan kepada kami termasuk kerjasama sponsorship.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait