Senin, Mei 6, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKomponen yang Wajib Dicek Saat AC Mobil Tidak Dingin

    Komponen yang Wajib Dicek Saat AC Mobil Tidak Dingin

    Ini deretan komponen yang harus segera dicek jika AC mobil tidak dingin!

    News.OLX – AC mobil tidak dingin bisa menjadi masalah yang sering dihadapi, terutama di negara tropis seperti Indonesia. Karena AC mobil tidak dingin bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara.

    Maka dari itu sebagai pengguna atau pemilik mobil sebaiknya kenali komponen yang wajib dicek saat AC mobil tidak dingin. Berikut ulasan lengkapnya.

    1. Cek kondisi freon 

    AC mobil tidak dingin bisa disababkan kondisi freon bermasalah. Kamu bisa mengeceknya apakah freon habis atau tidak dengan alat ukur tekanan. 

    Freon habis bisa disebabkan oleh beberapa kasus, misal kebocoran pada komponen seperti katup pelepas kompresor.

    Untuk memeriksa tingkat freon dalam sistem AC, perhatikan lubang kaca kecil yang berada di dekat kompresor AC mobil. 

    Jika kaca tersebut bening, itu menunjukkan bahwa freon masih cukup. Namun, jika muncul busa putih, itu menandakan bahwa sistem AC mengalami kekurangan freon. 

    Ketika freon benar-benar habis, kaca pemantau juga akan terlihat bening. Biasanya, ketika freon habis, kompresor tidak akan menyala, dan hembusan AC tidak akan menghasilkan udara dingin.

    2. Periksa fan belt 

    AC mobil tidak dingin juga bisa disebabkan fan belt atau kipas bermasalah. Periksa kondisi kipas utama dan ekstra fan mesin mobil. 

    Pastikan keduanya beroperasi dengan normal, menandakan bahwa sistem AC masih berfungsi dengan baik. 

    Jika ada yang tidak menyala, segera lakukan perbaikan karena AC melibatkan komponen seperti radiator yang memerlukan pendinginan. 

    Untuk mobil dengan kipas yang terhubung ke puli, pastikan fungsinya masih optimal. Jika mobil telah menggunakan tipe visko, periksa kekentalan oli di dalam kipas untuk memastikan kondisinya tetap baik.

    Ac mobil tidak dingin (1)

    3. Cek filter dan evaporator

    Cara cek ac mobil tidak dingin juga bisa lewat hembusan udara. Aktifkan AC pada posisi paling tinggi dan periksa keluaran udara. 

    Pastikan udara keluar dengan lancar tanpa ada hambatan. Jika ada hambatan, kemungkinan terdapat penyumbatan pada filter atau evaporator. Dengan memahami penyebab AC mobil tidak dingin kamu bisa mencegah kerusakan sejak dini.

    Dengan perawatan yang tepat, AC mobil dapat berfungsi optimal dan memberikan udara dingin yang menyegarkan.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait