Senin, Mei 6, 2024
Lainnya
    InformasiMengenal Sasis Mobil, Apa Saja Komponen di Dalamnya?

    Mengenal Sasis Mobil, Apa Saja Komponen di Dalamnya?

    Seberapa penting keberadaan sasis mobil?

    News.OLX – Sasis mobil adalah rangka dasar pada mobil yang berguna sebagai penopang utama pada bodi kendaraan yang terhubung dengan komponen satu sama lain, baik itu mesin maupun beban.

    Karena pentingnya sasis mobil ini, sehingga menjadi pondasi untuk menjaga bentuk mobil agar tidak mengalami perubahan di berbagai aspek mulai dari ketahanan, kenyamanan dan keamanan saat dikendarai.

    Agar kamu tidak bingung dalam mengenal sasis mobil, berikut ini adalah ringkasan apa saja komponen yang ada di dalamnya beserta fungsinya:

    1. Roda dan ban

    Salah satu komponen utama pada sasis mobil adalah roda. Komponen ini berfungsi sebagai pengkonversi putaran pada power train untuk menjalankan mobil.

    Ban adalah komponen yang tidak bisa dipisahkan dengan bagian sasis mobil terutama roda. Ban ini berfungsi sebagai penyerap getaran pada saat mobil berjalan agar tidak terjadi selip.

    2. Sistem kemudi

    Sistem kemudi ini berguna yang paling utama adalah pengendali arah pada roda depan. Selain itu mengurangi gaya yang berlebihan disebabkan saat mengemudi, sehingga saat bermanuver terasa lebih ringan ketika memutar roda.

    3. Sistem Pengereman

    Pada sistem pengereman berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju mobil. Sistem pengereman ini menggunakan gaya gesek yang dapat diubah dari energi pada putaran roda menjadi energy panas.

    4. Kopling

    Kopling berfungsi sebagai penghubung dan pemutus putaran dari mesin ke transmisi. Sehingga saat proses pemindahan pada gigi atau ingin menaikkan laju, akan terasa lebih halus.

    5. Transmisi

    Komponen ini berguna untuk memanipulasi putaran pada output mesin. Kondisi ini terjadi dimana kendaraan memerlukan torsi besar serta saat mobil memiliki kecepatan tinggi. Saat mengatur perpindahan gigi, transmisi digunakan.

    6. Poros Propeller

    Poros propeller adalah penghubung antara putaran transmisi pada bagian depan mobil dan di bagian belakang ada axle.

    7. Pegas

    Pegas berfungsi untuk meredam getaran ketika berjalan dengan memberikan rasa enteng namun lembut ketika roda melewati sebuah lubang atau gundukan polisi tidur.

    8. Universal Joint

    Universal joint adalah penghubung antara momen puntir dari sudut dan arah dari manapun yang didesain secara fleksibel. Umumnya, komponen ini terletak di bagian belakang transmisi dan di depan gardan.

    sasis mobil (2)

    9. Shock Absorber

    Shock absorber berfungsi untuk mencegah guncangan pada sistem suspensi dengan cara menahan guncangan melalui mekanisme fluida.

    10. Stabilizer Bar

    Pada bagian sasi yang paling berperan penting salah satunya adalah stabilizer bar. Komponen ini berfungsi untuk menahan rolling ketika roda terguncang karena melewati jalan yang tidak rata atau berlubang.

    Begitulah beberapa komponen yang tersambung pada sasis mobil. Kamu jadi tahu kan bahwa sebenarnya semua komponen di mobil saling berkesinambungan dan sasis mobil merupakan pondasi untuk semua komponen yang ada pada kendaraan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait