Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    InformasiNggak Mahal, Ternyata Cuma Segini Biaya Perpanjang SIM C!

    Nggak Mahal, Ternyata Cuma Segini Biaya Perpanjang SIM C!

    Biaya perpanjang SIM C masih sama dengan tahun 2023, berikut detailnya.

    News.OLX – Biaya perpanjang SIM C tetap konsisten dengan tarif pada tahun sebelumnya, sebesar Rp80 ribu. Hal ini sesuai yang tertera dalam Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2020 mengenai tarif perpanjangan SIM.

    Meski demikian, terdapat penambahan tarif dalam proses perpanjangan SIM C. Beberapa biaya tambahan yang dimaksud meliputi biaya registrasi sebesar Rp5.000, biaya cek kesehatan sejumlah Rp25.000, dan biaya asuransi senilai Rp30 ribu. Alhasil, total biaya yang harus dikeluarkan dalam proses perpanjang SIM C ialah Rp 140 ribu.

    Oleh karena itu, pemohon perlu mempersiapkan total biaya tersebut untuk memastikan proses perpanjangan SIM berjalan dengan lancar. Lantas, selain biaya, apa saja syarat yang harus dilengkapi ketika melakukan perpanjangan SIM C?

    Syarat perpanjang SIM C

    Untuk melakukan perpanjangan SIM C, pemohon harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh pihak kepolisian. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi.

    1. Lampirkan SIM lama dan fotokopinya

    Calon pemohon harus melampirkan SIM lama yang masih berlaku, dengan batas waktu pengajuan maksimal H-1 sebelum masa berlaku SIM tersebut berakhir. Jika melebihi batas tersebut, SIM akan dianggap hangus, dan pemohon diwajibkan membuat SIM baru.

    2. Lampirkan KTP dan fotokopinya

    Dokumen identitas yang harus disertakan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta fotokopinya. Jangan lupa untuk membawanya ketika melakukan perpanjangan SIM C ya!

    3. Surat keterangan kesehatan

    Calon pemohon perlu menyertakan surat keterangan sehat dari dokter yang bekerja sama dengan Satuan Paspor (Satpas). Surat keterangan ini dapat diperoleh melalui tes kesehatan di Satpas, Simling, atau SIM corner. Adapun jika kamu melakukan perpanjangan secara online, maka surat keterangan sehat ini dapat diperoleh melalui situs atau aplikasi e-Rikkes.

    4. Surat Keterangan Lulus Tes Psikologi

    Setelah mengikuti uji tes psikologi di Satpas, SIM Corner, atau mobil Simling, pemohon akan mendapatkan surat keterangan lulus. Tes psikologi juga dapat dilakukan secara online melalui situs ePPsi SIM atau aplikasi ePPSi SIM.

    5. Isi Formulir Permohonan Perpanjangan SIM

    Calon pemohon harus mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM. Formulir ini dapat diisi secara langsung ketika mengunjungi Satpas, SIM Corner, atau Simling. Untuk perpanjangan secara online, formulir dapat diakses melalui situs resmi https://sim.korlantas.polri.go.id.

    biaya perpanjang sim c (1)

    Proses perpanjang SIM C

    Proses perpanjangan SIM C dapat dilakukan secara offline maupun online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

    1. Perpanjangan offline

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi Satpas, SIM Corner, atau Simling terdekat sesuai domisili. Sebelum berangkat ke sana, pastikan semua persyaratan perpanjangan SIM telah terpenuhi.

    Setelah itu, Isi formulir permohonan perpanjangan SIM. Kemudian, lakukan pembayaran sesuai dengan jenis SIM yang diperpanjang.

    Terakhir adalah melakukan perekaman sidik jari dan foto. Tunggu hingga petugas memberikan SIM. Jika blanko SIM kosong, petugas akan memberikan informasi mengenai jadwal pengambilan SIM.

    2. Perpanjangan online

    Adapun untuk perpanjangan SIM C secara online bisa dilakukan dengan membuka halaman pencarian di smartphone atau laptop kamu. Kemudian kunjungi situs https://sim.korlantas.polri.go.devregi.

    Jika memilih perpanjangan online melalui aplikasi, unduh aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) melalui Playstore. Lakukan registrasi SIM online dengan memilih menu register atau pendaftaran dan pilih “Perpanjang SIM” pada menu yang tersedia.

    Setelah itu, isi semua informasi yang diminta pada formulir dan masukkan kode verifikasi. Klik “kirim”.

    Tunggu hingga mendapatkan notifikasi registrasi beserta kode tagihan pembayaran perpanjangan SIM melalui email. Lalu lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran tersebut.

    Setelah melakukan pembayaran, kamu bisa langsung mengunjungi Satpas, SIM Corner, atau Simling untuk pengambilan SIM. Bawa seluruh berkas persyaratan perpanjangan, bukti pembayaran, dan registrasi.

    Kemudian, serahkan semua berkas kepada petugas, lakukan perekaman sidik jari, dan foto SIM. Tunggu hingga petugas memanggil nama kamu untuk pengambilan SIM yang telah diperpanjang.

    Dengan memahami rinciannya, diharapkan pemohon dapat menempuh proses perpanjangan SIM C dengan lancar dan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan. Selalu periksa informasi terkini dan resmi dari pihak berwenang untuk memastikan ketepatan prosedur perpanjangan SIM.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait