Jumat, Mei 20, 2022
More
    MobilNissan Livina, Kembaran Xpander yang Tak Kalah Menggoda

    Nissan Livina, Kembaran Xpander yang Tak Kalah Menggoda

    Nissan Livina, mobil keluarga tujuh penumpang ini jadi salah satu lini andalan PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) dalam menghadapi pasar otomotif di Tanah Air.

    Bicara soal Nissan Livina, jika OLXers berpikiran mobil ini mirip dengan Mitsubishi Xpander tentu saja itu tidak salah.

    Ya, keduanya memang terlahir dari rahim yang sama yaitu dibuat di pabrik Mitsubishi Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

    Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sama seperti Toyota-Daihatsu yang kerap menghadirkan mobil kembar, seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, Calya-Sigra, hingga Raize-Rocky.

    Kendati menggunakan platform dan mesin yang sama, namun begitu kemiripan Livina dan Xpander baru terjadi pada Nissan Livina generasi ketiga yang muncul pada tahun 2019.

    Jika OLXers ingin tahu soal sejarah singkat Nissan Livina, lihat ulasannya di bawah ini.

    Sejarah Nissan Livina di Indonesia

    Nissan Grand Livina
    Nissan Grand Livina generasi pertama.

    Seperti disebutkan di atas, Nissan Livina alias kembaran Mitsubishi Xpander dipasarkan mulai awal tahun 2019.

    Ya, realisasi ini lantaran Nissan dan Mitsubishi global dalam beberapa tahun terakhir telah berkoalisi, sehingga saling bertukar teknologi dan strategi untuk mencapai tujuan.

    Salah satu hasil dari kerjasama ini tentunya kelahiran versi rebadge Mitsubishi Xpander, yaitu Nissan Livina.

    Untuk lebih rinci cerita perjalanan singkat Nissan Livina di Indonesia, berikut ulasannya.

    Nissan Grand Livina generasi pertama (2007-2013)

    Jika OLXers menyebut Nissan Livina dengan kapasitas tujuh orang penumpang sengaja dibuat untuk Indonesia, maka itu adalah salah. Pasalnya, sebelum ke Nusantara, Nissan Livina sudah muncul pertama kali ajang Guangzhou Motor Show 2006, China.

    Selang setahun atau pada 5 April 2007, Nissan Livina dengan tambahan kata ‘Grand’ di depannya akhir mengaspal ke Indonesia. Adapun Grand Livina selain di Indonesia, mobil ini turut dijual ke Malaysia, Filiphina, Taiwan, Thailand hingga Brazil.

    Di Indonesia, Nissan Grand Livina masih menggunakan kode bodi L10 dan di produksi di Purwakarta, Jawa Barat. Mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu HR15DE 1.5 Liter cc dan MR18DE 1.8 Liter. Semuanya disematkan mesin empat silinder.

    Pada mesin 1.5 L, Nissan Grand Livina hadir dengan varian SV dan XV. keduanya ditawarkan dengan pilihan transmisi Manual dan Automatic empat Speed konvensional (kecuali tipe SV). 

    Sedangkan untuk mesin 1.8 L hanya tersedia pada tipe XV dan Ultimate yang dijejali transmisi manual enam percepatan serta otomatis empat percepatan.

    Untuk tipe paling tinggi yaitu Nissan Grand Livina Ultimate, varian ini dilengkapi jok berbalut kulit, speakernya enam unit, serta lingkar kemudi, door trim, center console, sudah dibalut aksen kayu.

    Pada tahun 2009, Nissan Grand Livina menghadirkan varian Limited Edition, kemudian pada tahun 2010 untuk mesin 1.8 L hadir varian Highway Star (HWS).

    Selang dua tahun atau tahun 2011, Nissan Grand Livina mengalami minor change atau penyegaran ringan. Yang menjadi perhatian saat itu adalah pilihan mesin 1.8 L tipe XV dihapus, dan Nissan menghadirkan tipe S yang jadi varian paling rendah.

    Di tahun berikutnya atau tahun 2012, Nissan Grand Livina menghilangkan 1.8 L tipe Ultimate dan digantikan menjadi HWS Autech.

    Nissan Grand Livina generasi kedua (2013-2019)

    Setelah lama dinanti, pada Mei 2013 Nissan Indonesia meluncurkan All New Grand Livina dan Grand Livina X-Gear yang merupakan versi hatchback crossover.

    Ubahan Nissan Grand Livina generasi kedua sangat terlihat pada bagian eksterior hingga interior. Adapun khusus tipe Nissan Livina X-Gear, jadi lebih kecil karena mobil kapasitasnya jadi lima orang penumpang.

    Meski dimensinya lebih kecil, Nissan Grand Livina X-Gear mempertahankan mesin 1.8 L, enam percepatan transmisi manual dan matik empat percepatan

    Pada tahun 2015, Livina X-Gear 1.8 L dicoret dari list daftar yang dijual. Selain itu, Nissan juga menghilangkan roof rail di varian 1.5 HWS non Autech, serta menjadikan tipe 1.5 HWS Autech sebagai tipe tertinggi.

    Setahun berikutnya, Nissan menghadirkan Livina tipe 1.5 XV HWS dengan pilihan transmisi lima percepatan manual dan CVT. Kemudian pada tahun 2018, penyegaran ringan dilakukan pada tipe 1.5 L SV sebagai penutup masa bakti Grand Livina L11

    All New Livina generasi ketiga (2019-Sekarang)

    Nissan Livina
    Nissan Livina

    Kemunculan Nissan Livina model baru memang sudah santer terdengar setahun sebelum peluncuran. Hingga akhirnya, pada 19 Februari 2019 Nissan Indonesia secara resmi meluncurkan All New Livina. 

    Ya, mobil ini memiliki basis, platform, dan mesin 1.5 liter yang sama persen dengan Mitsubishi Xpander.

    Nissan pun menghilangkan kata ‘Grand’ sehingga menyisakan nama Livina. Untuk pasar Indonesia mobil ini hadir dalam empat pilihan yaitu E, EL, VE dan VL. 

    Semua varian Nissan Livina hadir dengan pilihan transmisi manual dan matik. Kecuali untuk tipe E hanya tersedia pilihan manual.

    Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, pada tahun 2020 Nissan Livina menghadirkan Sporty Package. Varian ini menggunakan basis tipe VE dan dijual hanya sebanyak 100 unit.

    Nissan Livina Sporty Package
    Nissan Livina Sporty Package

    Yang membedakan varian Sporty Package yaitu pada bagian eksterior, seperti side skirt, body kit, dan spion dengan balutan warna merah.

    Sementara untuk interior, pada bagian jok menggunakan bahan kulit berwarna coklat tua, dengan garis jahitan merah, demikian juga dengan bagian karpet.

    Untuk bagian lainnya masih sama, hanya saja varian Sporty Package ini dilengkapi fitur kamera 360 yang dapat dilihat di layar monitor mobil.

    Akan tetapi pada Agustus 2021, fitur kamera 360 akhirnya tersedia pada tipe VL dan VE standar.

    OLXers yang mau tahu sebenarnya apa saja persamaan dan perbedaan Nissan Livina dengan Mitsubishi Xpander, lihat ulasannya di bawah ini.

    Perbedaan Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander

    Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander kembar tapi tak sama. Sebab, jika dilihat lebih detail justru banyak juga perbedaannya. 

    Lantas bagian apa saja yang membuat Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander memiliki persamaan? Berikut ulasannya:

    Eksterior Nissan Livina

    Sekilas, dimensi Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander terlihat sama. Namun Nissan Indonesia menyebutkan ukuran Livina panjangnya 4.510 mm, lebar 1.750 dan tinggi 1.700 mm.

    Sedangkan Xpander panjangnya 4.595 mm dan tingginya 1.750 mm. Sementara untuk lebarnya masih sama.

    Depan

    Ketika melihat wajah Livina dan Xpander, tentu saja sudah berbeda. Kedua model mobil ini menampilkan ciri khas masing-masing yang diterapkan dari principal.

    Nissan Livina mengusung unsur V-Motion seperti model mobil Nissan lainnya, dimana wajah depan khususnya membentuk huruf V dengan warna chrome mengitari grille dan berdiri logo Nissan di tengah.

    Baca juga  Mobil Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Dijual di OLX

    Lain halnya dengan Mitsubishi Xpander yang menyematkan unsur Dynamic Shield, sehingga terlihat berbentuk X, dan bagian grilnya tertutup oleh hiasan chrome.

    Satu bagian yang terlihat sama, yaitu posisi dan desain lampu Daytime Running Light (DRL). Akan tetapi, untuk Mitsubishi Xpander bentuk lampunya terlihat mengotak.

    Sedangkan untuk headlampnya meski sama-sama menggunakan lampu LED signature light, namun desainnya sangat berbeda. Xpander kini memiliki bentuk huruf T miring (versi 2021).

    Demikian juga pada bagian foglamp dimana Livina seperti trapezium sedangkan Xpander membulat

    Perbedaan juga terasa pada bagian bumper depan bawah, dimana Nissan Livina terlihat lebih halus memanjang. Sedangkan Xpander lebih garang mirip mobil crossover.

    Selain itu, bentuk kap mesin Nissan Livina terlihat berotot karena memiliki garis vertikal. Berbeda dengan Xpander datar terasa biasa saja.

    Samping

    Untuk bagian samping, garis bodi Nissan Livina lebih lurus meruncing ke arah depan. Lain halnya dengan Xpander yang terlihat menukik ke bawah di pintu depan.

    Perbedaan juga terlihat pada bagian fender, dimana Nissan Livina dibuat setengah lingkaran sedangkan Mitsubishi Xpander lebih berbentuk persegi.

    Masih pada bagian samping, meski Livina dan Xpander kaki-kakinya berukuran 16 inch, namun desainnya berbeda. Oia, Mitsubishi Xpander model Sport dan Ultimate dilengkapi velg berukuran 17 inch.

    Belakang

    Melihat ke bagian buritan, yang terlihat berbeda seperti bentuk pintu Livina terlihat polos, sedangkan Xpander memiliki bentuk mirip huruf X.

    Untuk model lampunya, Nissan Livina masih membentuk huruf V miring, sedangkan Xpander sudah membentuk huruf L (versi 2021).

    Nissan Livina memiliki dua bagian skid plate berwarna silver. Sedangkan Xpander tidak ada.

    Interior Nissan Livina

    Masuk ke dalam kabin Nissan Livina, untuk bagian jok semuanya dibalut warna hitam, kemudian ornament panel seperti desain kayu. Sedangkan untuk Mitsubishi Xpander dilengkapi jok berbahan fabrik, dengan pilihan warna abu-abu maupun hitam.

    Sistem hiburan Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi layar sentuh berukuran 7 inch, yang bisa mengaktifkan radio, hingga smartphone.

    Akan tetapi untuk varian Xpander Sport dan Ultimate layar sentuh pada sistem hiburannya lebih besar yaitu berukuran 8 inch.

    Untuk pengaturan AC, Nissan Livina masih diputar secara manual, sedangkan Xpander sudah digital.

    Fitur

    Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sudah pasti memiliki fitur-fitur unggulan. Untuk Nissan sudah dilengkapi Multi Information Display with Eco Indicator – Color LCD Display.

    Selain itu ada steering adjustment, tilt & telescopic, Multimedia Control Switches on Steering Wheel & Bluetooth Hands Free Phone.

    Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander juga sudah dilengkapi fitur keamanan seperti Dual SRS Airbag Driver, Safety Belt with Seatbelt reminder Driver & Assistant, Auto Hazard Light on Emergency Braking Vehicle Dynamic Control (VDC).

    Selain itu ada juga Traction Control System (TCS) & Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor & Rear View Camera, Immobilizer, Rack and pinion with EPS (Electronic Power Steering).

    Untuk Mitsubishi Xpander juga sudah dilengkapi Active Stability Control (ASC), serta sistem pengereman ABS+EBD dan BA.

    Mesin Nissan Livina

    Untuk jantung pacu, Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander mengusung mesin yang sama, yaitu 4 silinder, berkapasitas 1.499 cc 4, 16 valve, DOHC and twin Variable-valve Timing Control (VTC)

    Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. 

    Baik Nissan Livina maupun Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi transmisi otomatis manual dan otomatis, yang dikawinkan dengan sistem penggerak roda depan. 

    Untuk memberikan rasa nyaman saat bermanuver, Livina dan Xpander dibekali dengan suspensi MacPherson strut with Coil Spring di depan, torsion beam belakang, serta stabilizer di depan.

    Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Nissan Livina bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Nissan Livina bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan di sejumlah titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Nissan Livina bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan selama 18 bulan.

    Tips membeli mobil bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers berniat membeli mobil Nissan Livina bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Harga Nissan Livina Bekas

    Menyoal harga, saat ini Nissan Livina terbaru dengan status On The Road DKI Jakarta dijual mulai dari Rp 253,9 juta Rp 295,5 jutaan.

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Di OLX Autos mobil Nissan Livina sangat bervariasi, bahkan ada juga mobil tersebut lansiran 2019 dibanderol Rp 160 jutaan.

    Bahkan ada juga Nissan Livina tipe VL lansiran 2019 dengan jarak tempuh 39 ribu Km dijual Rp 226 juta.

    Mau lihat Nissan Livina bekas di OLX Autos bisa lihat di sini.

    Mau tahu wujudnya bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here