Rabu, Mei 8, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa Ke Bengkel!

    Cara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa Ke Bengkel!

    Cara menghilangkan baret mobil sebenarnya cukup mudah dan tidak mengharuskan kamu untuk ke bengkel.

    Bila baru-baru ini kamu tak sengaja bersenggolan di dengan kendaraan lain di jalan, atau menabrak sesuatu, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, baret pada mobil masih bisa kamu hilangkan sendiri asal tidak terlalu dalam.

    Nah, penasaran bagaimana caranya? Berikut cara menghilangkan baret mobil tanpa harus ke bengkel.

    Cara Menghilangkan Baret Mobil

    Sebelum mengetahui cara menghilangkan baret mobil, ada satu hal penting yang perlu kamu perhatikan, yakni mengukur kedalaman baret pada mobil kamu. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa menentukan langkah selanjutnya yang perlu dilakukan.

    Kamu harus tahu lebih dulu apakah baret tersebut terjadi akibat bersenggolan dengan kendaraan lain atau diakibatkan oleh debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil saja.

    Nah, kamu tidak perlu khawatir jika baret tersebut terjadi karena debu dan kotoran yang menempel. Pasalnya, untuk menghilangkannya kamu cukup mengelapnya saja dengan kain basah.

    Setiap baret tergantung keparahan dan kedalamannya melukai cat, perlu penanganan yang berbeda agar efektif menghilangkan bekas luka tersebut. Berikut cara menghilangkan baret mobil berdasarkan tingkat keparahannya!

    Baca juga: Begini Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah!

    Menghilangkan Baret Mobil Ringan
    Baret ringan pada bagian bodi mobil.

    Menghilangkan Baret Mobil Ringan

    Baret ringan seringkali terjadi pada mobil yang hanya terkena serpihan kecil atau kotoran yang berada di jalan. Baret ini tak terlalu terlihat jelas, dan hanya mempengaruhi bagian cat terluar dari mobil. Berikut cara menghilangkan bekas baret ringan di mobil.

    1. Gosok Dengan Pasta Gigi

    Perlu kamu ketahui bahwa bodi mobil memiliki beberapa lapisan, yakni lapisan bening, warna, primer, dan baja. 

    Jika baret tersebut hanya mengenai lapisan beningnya saja, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan pasta gigi. Cara menghilangkan baret mobil dengan menggunakan pasta gigi pun terbilang mudah.

    Pertama, kamu harus membersihkan permukaan mobil yang lecet terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan kain dengan tekstur lembut seperti kain microfiber dan pasta gigi. Basahi kain microfiber dan oleskan pasta gigi pada kain tersebut.

    Setelah itu, gosoklah bagian mobil yang lecet secara melingkar agar pemolesan rata pada semua bagian. Bisa dibilang, metode ini ampuh digunakan untuk mengatasi baret mobil yang ringan atau hanya terjadi di lapisan paling luar saja. 

    2. Hilangkan Baret Ringan Dengan Cairan Ammonia

    Cairan amonia yang biasanya digunakan untuk pertanian sebagai pupuk, ternyata juga bisa untuk menghilangkan baret ringan di mobil. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah.

    Campurkan sedikit cairan ammonia, kurang lebih sebanyak 20 ml dalam 500 ml air bersih. Larutan tersebut bisa digunakan untuk mengelap bagian yang baret. 

    Siapkan kain bersih yang halus misalkan microfiber atau kanebo. Celupkan pada larutan amonia dan gosokkan pada bagian bodi mobil yang baret ringan.

    Gosok dengan perlahan secara memutar, hingga bekas baret perlahan menghilang. Kemudian keringkan. Setelah itu, kamu bisa membersihkan bagian yang barusan di gosok dengan air bersih dan kain bersih lainnya.

    3. Mengatasi Baret Ringan di Mobil Dengan Minyak Rem

    Jika tidak memiliki cairan amonia, alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan baret ringan di mobil adalah dengan minyak rem. 

    Caranya juga cukup mudah, cukup semprotkan atau oleskan minyak rem secukupnya pada kain bersih yang halus. Setelah itu, gosokkan kain pada bagian mobil yang tergores. 

    Jika perlahan bekasnya sudah menghilang, bersihkan bagian mobil tersebut dengan air dan kain bersih.

    Baca juga: Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online Melalui Aplikasi Signal

    Menghilangkan Baret Mobil Sedang

    Selanjutnya, kondisi baret di mobil yang masih bisa diperbaiki sendiri. Baret sedang biasanya sudah merusak lapisan cat yang lebih dalam pada mobil. Berikut cara menghilangkan baret mobil sedang. 

    1. Menghilangkan Baret Mobil Dengan Menggunakan Kompon

    Selain pasta gigi, cara menghilangkan baret mobil yang berikutnya adalah dengan menggunakan kompon. Proses pengerjaannya pun tak jauh berbeda, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. 

    Pertama, bersihkan bodi mobil yang baret menggunakan air dan lap bagian tersebut hingga kering. Setelah itu, poles bagian yang baret tersebut dengan menggunakan kompon poles. 

    Namun,  perlu diketahui bahwa penggunaan kompon yang berlebihan justru akan merusak bodi mobil. Sebab, kompon bekerja dengan cara mengikis cat di sekitar goresan sehingga goresan hilang dan tertutup oleh cat di sekitarnya. 

    Oleh karena itu, pastikan hanya menggunakan kompon secukupnya saja dan tidak perlu berlebihan.

    Usapkan kompon secara merata dan satu arah pada bagian yang tergores. Lakukan berkali-kali hingga goresan hilang. Setelah itu, bilas bekas goresan dengan air bersih lalu lap mingga kering dengan menggunakan kain bertekstur halus atau kain microfiber.

    2. Menghilangkan Baret Mobil Dengan Scratch Remover

    Selain menggunakan kompon, kamu juga bisa menghilangkan baret mobil dengan menggunakan scratch remover. Tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan produk scratch remover di toko-toko aksesori mobil dengan harga yang terjangkau.

    Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan cairan scratch remover pada bagian bodi mobil yang tergores secara merata.

    Setelah itu,  gosok bagian tersebut dengan menggunakan kain microfiber. Lakukan proses tersebut beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Jika bekasnya sudah mulai menghilang, bisa membersihkan bagian yang lecet tersebut dengan kain bersih atau tisu.

    3. Menghilangkan Baret Mobil Dengan Amplas Halus

    Ada kalanya bagian cat yang baret agak parah dan perlu penanganan ekstra. Amplas halus bisa menjadi solusi untuk menghilangkan baret mobil sedang.

    Namun satu yang harus diperhatikan. Hanya gunakan amplas halus dengan ukuran 2000 atau 2500 agar tidak merusak bagian cat lainnya yang masih bagus.

    Caranya cukup mudah. Siapkan amplas, dan gosok dengan sangat perlahan dan lembut bagian yang baret, hingga bekas lukanya perlahan menghilang.

    Setelah itu, gunakan dempul atau finishing wax dan gosok-gosok merata agar warna cat mobil tetap terlihat mengkilap. 

    Menghilangkan baret mobil dengan amplas
    Menghilangkan baret mobil dengan amplas halus.

    4. Menghilangkan Baret Mobil Dengan Obat Nyamuk Cair

    Cara menghilangkan baret mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk cair.

    Perlu kamu ketahui bahwa cara ini merupakan cara darurat jika kamu tidak memiliki kompon atau scratch remover di rumah. 

    Sebab, obat nyamuk cair punya kandungan kimia dengan efek yang cukup keras pada cat mobil.

    Prosesnya pun sederhana. Cukup oleskan obat nyamuk cair pada bagian mobil yang baret dan gosok secara merata. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan.

    Baca juga: 5 Cara Mudah Mencegah Body Mobil Baret atau Lecet

    Menghilangkan Baret Mobil Berat / Dalam

    Kondisi terakhir yang terburuk, ialah baret mobil yang cukup dalam dan merusak bagian cat mobil hingga paling dalam. Baret ini umumnya terjadi karena bersenggolan dengan kendaraan lain atau menabrak sesuatu dengan keras

    Untuk kondisi satu ini, semakin sulit untuk menghilangkannya. Cara yang bisa dilakukan adalah membawanya ke bengkel mobil terdekat.  Selain itu, kamu bisa melakukan pengecatan ulang sendiri dengan cara sebagai berikut:

    Bahan-bahan yang harus disiapkan:

    • Amplas grit 2.000, 
    • Selotip, 
    • Bahan lapisan primer,
    • Cat dasar, 
    • Cat lapisan luar,
    • Kompon poles,
    • Kain poles.

    Bahan-bahan tersebut bisa dibeli di toko perkakas dan untuk cat, bisa memesan dari dealer mobil Anda ataupun di toko lainnya yang menjual cat mobil dengan warna yang sesuai.

    Langkah-langkahnya sebagai berikut: 

    1. Cuci dan keringkan mobil secara menyeluruh
    2. Pasang selotip di area sekitar bodi mobil yang akan di cat ulang, agar melindungi lapisan cat lainnya yang masih baik.
    3. Amplas area yang tergores dengan gerakan searah sampai lapisan logam pada bodi mobil terlihat.
    4. Oleskan lapisan primer sesuai instruksi yang diberikan dari produk.
    5. Setelah lapisan primer mengering, lakukan pengecatan cat dasar sesuai petunjuk.
    6. Setelah cat dasar mengering, lakukan pengecatan dengan menyemprotkan cat pada lapisan atas sesuai petunjuk produk.
    7. Setelah lapisan atas mengering, poles area tersebut dengan cairan atau krim pemoles hingga cocok mengkilap dan cocok dengan bagian cat yang lain.

    Mengukur Tingkat Keparahan Baret Mobil

    Jika masih belum yakin mobil yang baret ada pada level ringan, sedang, atau berat. Ada satu cara untuk membedakannya, yakni dengan melihat langsung dan merasakan baret dengan jari. Berikut caranya:

    Permukaan Bekas warna Indikator
    Tidak terasa kasar di jari Warna cat mobil sedikit memudar Mobil baret ringan
    Terasa di jari Warna putih atau abu-abu Mobil baret sedang
    Terasa kasar dan dalam  Berwarna besi atau karat Mobil baret berat

    Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan baret mobil yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu kamu tahu bahwa menjaga kebersihan mobil adalah sebuah kewajiban bagi para pemilik kendaraan.

    Baca juga: Panduan Lengkap Cara Jual Mobil Bekas di Indonesia

    Selain membuat mobil tetap terlihat gagah, menjaga kebersihan dan merawatnya juga akan membuat mobil memiliki nilai plus saat hendak dijual.

    Jika berniat untuk menjual mobil kesayanganmu, bisa dengan mengunjungi OLX Autos! Hanya dengan 3 langkah mudah: Cek mobil, Cek harga, dan Cek rekening, proses penjualan mobilmu akan sangat mudah dan cepat. Kunjungi web kami disini, dan temukan taksiran harga mobilmu!

    Artikel ini pertama kali ditulis oleh Zainal Abidin pada 14 Oktober 2021

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait