Genesis G80 Jadi Armada Petinggi Negara di KTT G20 Bali

Genesis G80 Electrified akan menjadi mobil resmi VIP para petinggi negara di ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ yang berlangsung di Bali, tahun 2022 mendatang.

0
56
Genesis G80
Mobil listrik Genesis G80 menjadi mobil para pemimpin negara di acara KTT G20

Mobil listrik Genesis G80 menjadi mobil yang akan digunakan oleh para pemimpin negara di acara KTT G20. Buat diketahui, merek mobil asal Korea Selatan, tidak hanya Hyundai atau KIA saja. Negari Gingseng juga punya mobil yang masuk ke segmen premium yaitu Genesis.

Ya, Genesis sendiri bisa disebut mobil mewah dari Hyundai Motor Group yang memberikan standar tertinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi, serta di saat bersamaan terus mendorong masa depan berkelanjutan.

Bahkan beberapa mobil Genesis kerap digunakan sejumlah kaum kaya raya dan para pejabat di Korea Selatan.

Nah, bicara soal Genesis, ternyata mobil mewah yang termasuk di bawah payung Hyundai Motor Grups ini siap eksis di Tanah Air.

Setidaknya, model Genesis G80 Electrified akan menjadi mobil resmi VIP para petinggi negara di ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ yang berlangsung di Bali, tahun 2022 mendatang.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sebuah kegiatan pameran bertajuk ‘The Future EV Ecosystem for Indonesia’, yang dihelat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, (26/10/2021).

Menurut Global Head of the Genesis Brand Jay Chang, Genesis Electrified G80 telah sepenuhnya siap untuk menyediakan dukungan yang diperlukan untuk kelancaran konferensi tingkat dunia.

“Penunjukkan ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat menghadirkan Electrified G80 di KTT G20 Bali 2022,” ungkap Jay Chang.

Kehadiran Genesis Electrified G80 diajang KTT G20 di Bali nanti, disebut jadi bagian komitmen Genesis untuk dapat menjadi merek kendaraan yang mendukung 100 persen bebas emisi di tahun 2030 dan menargetkan netralitas karbon di tahun 2035.

Selai itu, Genesis sendiri memiliki target  dimana mereka ingin menjadi pemimpin era elektrifikasi yang berfokus pada dua strategi elektrifikasi, yaitu sel bahan bakar dan kendaraan listrik berbasis baterai, yang diwujudkan dengan kehadiran model-model kendaraan listrik G80 dan GV60.

Kelebihan Genesis Electrified G80

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat melihat langsung Genesis G80 yang akan digunakan di acara KTT G20 (Foto: Istimewa)

Seperti diketahui, Genesis Electrified G80 merupakan model EV premium pertama dari Genesis yang menghadirkan sebuah standar baru untuk sedan listrik mewah karena memiliki performa dan teknologi tingkat tinggi.

Pada sisi eksterior, mobil yang memiliki dimensi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mem, dan tinggi 1475 meter mempunyai bentuk grille yang aerodinamis berbentuk pola G-Matrix terbalik khas Genesis.

Belum lagi, Genesis Electrified G80 terlihat mewah berkat balutan warna krom dibeberapa sisi, termasuk semakin gahar namun tetap menawan berkat velg  berukuran 19 inci model turbin. Penggunaan lampu dengan sistem LED juga menambah kesan modern.

Pada sisi interior, Genesis menyajikan konsep ‘Beauty of White Space’ dengan material ramah lingkungan di seluruh bagian interior sehingga memancarkan nilai berkelanjutan yang ingin direalisasikan oleh Genesis.

Beberapa bagian yang keren, termasuk wood panel memakai recycled wood, dan nappa leather seats dengan natural dyes. Adapun bagian head unit terdapat layar sentuh berukuran 14,5 inci, di mana layar ini juga bisa memeperlihatkan infotainment system berupa Augmented Reality Navigation. Selain itu, ada pula instrument cluster full LED yang jadi tambah menarik.

Tidak sampai disitu, beberapa fitur lainnya yang ada pada Genesis Electrified G80, diantaranya line following/ keeping assist, blind spot dan forward collision avoidance assist, safe exit assist, rear guide lamps, forward attention warning, hinggga 10 airbags.

Oia, mobil ini juga memiliki driving assist seperti intelligent lighting, highway driving assist, navigasi yang berbasis smart cruise control.

Untuk jantung pacu, Genesis Electrified G80 dibenamkan baterai listrik berkapasitas 87,2 kWh yang dihubungkan ke dua motor listrik di roda depan dan belakang, yang mampu menghasilkan daya hingga 272 kW atau sekitar 364,7 TK dan torsi 700 Nm.

Diketahui saat ini, Genesis memiliki jajaran produk mobil mewah yang terus berkembang, di antaranya G90, G80, G70, GV60, GV70, dan GV80.

Adapun dengan adannya Genesis Electrified G80, maka kendaraan listrik ini masuk kategori berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV), dimana EV merupakan salah satu kategori yang tengah dipacu pengembangannya. Selain itu pemerintah Indonesia dalam jangka menengah atau lima tahun mendatang, menargetkan 20 persen dari total produksi mobil di Indonesia masuk dalam kendaraan ramah lingkungan.

Sedangkan untuk komitmen jangka panjang, berdasarkan Net Zero Emission Roadmap 2021 – 2060, pemerintah Indonesia ingin mendorong ekosistem kendaraan listrik dan akan menghentikan penjualan kendaraan konvensional jenis sepeda motor di tahun 2040 dan mobil di tahun 2050.

Sejak Hyundai Motor Group melalui Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan IONIQ Electric dan KONA Electric di pasar Indonesia pada tahun lalu, ekosistem kendaraan listrik murni telah dibentuk dengan sungguh-sungguh. Penerimaan konsumen otomotif di Indonesia terhadap kedua model mobil listrik tersebut juga terbilang signifikan, di mana dari Januari hingga September 2021, IONIQ Electric dan KONA Electric telah terjual sebanyak 473 unit, sehingga menguasai sekitar 90 persen pangsa pasar Indonesia di segmen kendaraan listrik berbasis baterai atau BEV (berdasarkan data penjualan retail GAIKINDO).

Selain menghadirkan dua opsi produk mobil listrik unggulan sekaligus, keseriusan Hyundai untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain otomotif penting di pasar global juga terbukti lewat berbagai komitmen yang diimplementasikan, yaitu termasuk: membangun pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, yang tidak hanya akan memenuhi permintaan pasar domestik, tapi juga untuk kebutuhan ekspor ke negara-negara ASEAN.

Lebih jauh lagi, Hyundai juga menginisiasi pembangunan Pabrik Sel Baterai dari hasil kemitraan Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution yang akan mendukung perwujudan peran Indonesia agar menjadi yang terdepan di pasar global untuk kendaraan listrik berbasis baterai. 

Selain itu, melalui HMID, Hyundai juga secara aktif berpartisipasi dalam penguatan infrastruktur Indonesia dengan cara membangun fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di lebih dari 100 titik lokasi yang tersebar di penjuru Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Kepulauan Maluku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here