Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSegini Biaya Ganti Kaca Mobil Jika Pecah

    Segini Biaya Ganti Kaca Mobil Jika Pecah

    Hari-hari yang tidak menyenangkan mungkin dilalui oleh siapapun termasuk para pengendara mobil. Bukan tidak mungkin ada insiden yang tiba-tiba saja terjadi bahkan saat dalam perjalanan sekalipun, misalnya seperti peristiwa kaca mobil pecah. Hal ini tentu bukan hal yang ingin dialami pemilik kendaraan.

    News.OLX – Tidak hanya kecelakaan lalu lintas, kejadian yang paling sering dialami di jalan raya yang menyebabkan kaca mobil pecah atau retak parah adalah adanya hantaman benda di jalan seperti batu, kerikil, atau bahkan kabel yang menjuntai ke bawah.

    Sebagai informasi, kaca mobil memang paling mudah pecah jika terkena benda runcing. Tidak hanya hantaman, kondisi lain yang bisa menyebabkan kaca mobil pecah ialah tertimpa bahan material bangunan dari truk pengangkutnya. Oleh karenanya, jangan lupa menjaga jarak aman di samping truk pengangkut material.

    Baca juga: Biar Kinclong Terus, Lakukan ini Pada Kaca Mobil Kamu

    Tidak hanya itu, ada beberapa hal dan kondisi yang bisa menyebabkan kaca mobil pecah. Mari simak informasinya di bawah ini.

    Penyebab kaca pecah

    Ada banyak kondisi yang menyebabkan kaca mobil mengalami kerusakan, retak, atau bahkan pecah. Apa saja kondisi-kondisinya?

    1. Menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi bisa membuat kaca mobil menjadi pecah. Hal ini jangan dianggap remeh, karena guncangan yang keras pun bisa menyebabkan kaca mobil kamu terdampak.
    2. Kaca mobil yang sering terkena panas dan hujan juga berpotensi bisa mengalami retak atau pecah tiba-tiba. Kondisi ekstrim ini terjadi lantaran kekuatan kaca berkurang. Sehingga, saat terkena guncangan bisa saja mengalami pecah atau retak.
    3. Saat parkir di bawah pohon dan sedang hujan angin, bukan tidak mungkin mobil kamu akan kejatuhan berbagai hal dari pohon, mulai dari daun, buah, bahkan hingga dahan pohon yang besar. Dahan pohon besar rentan patah dan jika menimpa mobil tentu kaca mobil bisa pecah.
    4. Karet wiper kaca mobil yang telah getas juga bisa menyebabkan kerusakan kaca. Periksa secara berkala kondisi karet wiper agar tidak menimbulkan baret-baret di kaca mobil.

    Baca juga: Kaca Mobil Berembun? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Tentunya kondisi kaca mobil yang pecah membuat pengendara panik. Namun, tahukah kamu apakah biaya penggantian kaca mobil cukup menguras kocek? Kira-kira berapa yang perlu dikeluarkan?

    Kaca mobil (4)

    Biaya memasang kaca mobil

    Umumnya, kaca mobil yang original ataupun aftermarket memiliki ketebalan yang beragam yakni sekitar 3 hingga 5 milimeter. Harga kaca mobilnya pun bervariasi sesuai dengan posisinya.

    Kaca jendela mobil tentu berbeda dengan kaca mobil depan, belakang, atau kaca spion. Hal ini juga berkaitan dengan ukuran kacanya. Selain itu, perbedaan harga kaca mobil juga bergantung pada merek mobilnya.

    Baca juga: 9 Cara Hilangkan Jamur di Kaca Mobil Secara Mandiri

    Semakin langka di pasaran, tentu harganya pun akan semakin mahal. Namun, jika mobil keluaran yang banyak dijual di pasaran, tentu akan lebih ekonomis pula harganya.

    Umumnya, kualitas original harga kaca mobil depan berkisar Rp 1 juta hingga 4 jutaan. Sementara kaca belakang harganya Rp 500 ribu sampai Rp 3 juta. Untuk kaca mobil bagian samping harganya berkisar Rp 300 ribu sampai Rp 1 jutaan.

    Jika dibandingkan dengan produk aftermarket, kisaran harga produk kacanya mulai dari Rp 600 ribuan untuk kaca depan dan Rp 400 ribuan untuk kaca mobil bagian belakang. Adapun merek kaca mobil yang banyak beredar antara lain AGC Automotive, Asahimas, Saint Gobain Sekurit, Pilkington, Mulia Glass, Fuyao, dan XYG.

    Baca juga: Bisakah Kaca Mobil di Waxing Seperti Body Supaya Mengkilap?

    Tentunya harga ini belum termasuk dengan ongkos pasang serta lem kaca yang dibayarkan secara terpisah. Perkiraan untuk memasang kaca bagian depan, dikenakan ongkosnya sebesar Rp 350 ribuan, lem kaca Rp 200 ribu, list kaca sekitar Rp 90 ribu. Total ongkos pasang bisa mencapai Rp 640 ribuan.

    Meskipun begitu, dibandingkan dengan bagian-bagian lainnya, ternyata mengganti kaca mobil yang pecah tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam bukan? Pastikan kamu memasang kaca di bengkel yang terpercaya dan dengan produk-produk terbaik pilihan kamu.

    Tidak hanya berkaitan dengan kaca mobil yang variatif, kamu juga bisa mengecek masalah mobil lainnya yang pasti berguna untuk kehidupan berkendara.

    Kamu hanya tinggal buka OLX untuk mendapatkan berbagai informasi dan tips lainnya seputar otomotif. 

    Kamu pun bahkan bisa mencari mobil atau motor bekas impian di OLX sekarang juga. Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait