Kamis, Desember 8, 2022
More
    MotorSpesifikasi Kawasaki Ninja H2R, Motor Tercepat Di Dunia!

    Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R, Motor Tercepat Di Dunia!

    Kawasaki Ninja menjadi brand yang memiliki reputasi besar sebagai motor hypersport. Salah satu rilisan paling gaharnya, ialah Kawasaki Ninja H2R. Saat pertama kali dirilis tahun 2015, spesifikasi Kawasaki Ninja H2R didesain untuk menjadi yang tercepat. Tak heran bila harga Ninja H2R juga mencengangkan.

    Sebelum H2R, Kawasaki terlebih dahulu memperkenalkan Ninja H2. Lalu, apa beda Ninja H2 dengan H2R? Perbedaannya ada di statusnya dimana Ninja H2 diproduksi untuk road legal atau bisa dikendarai di jalan raya. Sementara H2R hanya bisa di geber di sirkuit.

    Dari segi performa, Ninja H2R juga jauh di atas H2. Versi pendahulunya ini hanya memiliki tenaga di kisaran 243 hp, sementara H2R mampu menembus 310 hp. Performa yang meningkat drastis ini juga mempengaruhi harga Kawasaki Ninja H2R yang hampir 2 kali lipatnya.

    Baca juga: 10 Mobil Tercepat di Dunia, Mampu Menembus 489 km/jam

    Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R

    Lalu, apa saja spesifikasi Kawasaki Ninja H2R yang membuatnya layak bersaing dibanding motor sport lainnya? Berikut pembahasan lengkapnya!

    Desain Kawasaki Ninja H2R

    Sebagai motor sport yang dominan dari segi performa, Desain Kawasaki Ninja H2R bisa dibilang sangat istimewa. Mengutamakan aerodinamis dan looksnya yang sangat futuristis mendukung motor ini sebagai salah satu motor tercepat di dunia.

    Salah satu faktor yang membuat motor ini tidak road legal, karena tidak memiliki lampu dan spion. Sekali lagi, motor ini hanya diperuntukkan di track balap. 

    Desain aerodinamis ada pada bentuk sayap bagian atas dan depan yang disesuaikan untuk menurunkan hambatan angin dan mampu melesat dengan kecepatan tinggi.

    Di bagian fairing, desain Kawasaki Ninja H2R dibentuk dengan material berbahan serat karbon berwarna silver, lengkap dengan sudut-sudut tajam di bagian sisi depan. 

    Hypersport satu ini tak hanya didesain untuk mendukung performanya, namun juga untuk menunjukkan sisi mewah, sporty, dan agresif.

    Spesifikasi Mesin dan Dimensi Kawasaki Ninja H2R

    Dari spesifikasi umumnya, Ninja H2R memiliki mesin berkapasitas isi silinder 998 cc, 4 silinder segaris, dan tentu saja supercharger dengan pendingin. 

    Motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 310 Hp di putaran 14.000 rpm. Torsi puncaknya di angka 156 Nm pada putaran 12.500 rpm.

    Transmisinya 6-speed dan rasio kompresi mesinnya ada di angka 8.3:1 yang membuat Kawasaki Ninja H2R harus menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi.

    Motor ini menjadi salah satu yang tercepat di dunia karena teknologi supercharged. Sistem ini diproduksi langsung oleh perusahaan induk Kawasaki yakni KHI yang memproduksi moda transportasi seperti helikopter,  komponen pesawat dan kereta api.

    Boost supercharged ini bisa mempengaruhi perputaran turbin untuk lebih cepat. Klaim dari Kawasaki dengan teknologi ini, perputaran turbin bisa meningkat hingga 130.000 rpm atau 10 kali diatas rata-rata motor sport lainnya. Tidak heran jika motor ini mampu menembus hingga 310 Hp. Dari pengetesan yang dilakukan, 

    Top speed dari Kawasaki Ninja H2R mampu menembus kecepatan yang mencengangkan, yakni hingga 400 km/jam. Raihan ini sekaligus mengukuhkan nama Kawasaki Ninja H2R sebagai sepeda motor tercepat di dunia.

    Baca juga: Inilah Daftar 15 Mobil Termahal di Dunia Tahun 2022

    Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R
    Kapasitas silinder998 cc
    Jumlah silinder4 Silinder segaris
    MesinInjeksi, Supercharged, DOHC 4-Valve Inline-4.  
    Bore / stroke76.0 mm × 55.0 mm 
    SuspensiDepan: KYB (Full adjustable)Belakang: Swingarm Monoshock.
    PengeremanBrembo disc
    DimensiPanjang 2.070 mm, lebar 850 mm, dan tinggi 1.160 mm
    Berat215.9 kg 
    Ketinggian seat830 mm
    Kapasitas tangki bahan bakar17.03 liter
    spesifikasi Kawasaki Ninja H2R

    Model dan Versi dari Kawasaki Ninja H2R

    Perubahan Versi Ninja H2R

    Kawasaki H2R pertama mencuri perhatian sebagai motor produksi tercepat dan terkuat yang pernah ada. Tampilannya tampak gahar dengan mesin yang dibungkus dengan sasis teralis baja.  

    Perbedaan utama dari seri Ninja H2, adalah H2R lebih ringan. Bobot yang lebih ringan ini akan membuat shockbreaker tidak bekerja terlalu keras. Sehingga, membawa efek baik dari kestabilan dan aman untuk mengebut di tikungan. 

    Setahun dari produksi awal, Kawasaki kemudian mengubah warna bingkai dari hijau menjadi abu-abu. Hanya sedikit perubahan, warnanya kemudian kembali ke hijau untuk 2017 lagi bersama dengan perubahan pada suspensi dan elektronik.

    Mono shock KYB Uni-Trak yang dapat disetel sepenuhnya diganti dengan alternatif Ohlins TTX36. 

    Terlebih lagi, Bosch Inertial Measurement Unit (IMU) juga ditambahkan, membuka fitur baru seperti pembacaan sudut miring pada dasbor analog bagian dan kontrol yang lebih besar atas alat bantu pengendara elektronik.

    Kontrol traksi juga disematkan untuk mengatasi masalah slip di roda belakang. Dari segi pengereman, sudah lebih canggih dengan sistem sensor ABS.

    Kawasaki Ninja H2R 2015

    Diluncurkan pada tahun 2015, Kawasaki H2R tidak banyak mengalami perubahan dari seri pendahulunya, yakni Ninja H2. 

    Kawasaki Ninja H2R 2016

    Perbedaan ada pada warna bingkainya yang sebelumnya berwarna hijau, kini menjadi abu-abu pada 2016. 

    Kawasaki Ninja H2R 2017

    Namun pada akhirnya, warna bingkai kemudian ditukar kembali menjadi hijau pada 2017, dan bertahan hingga sekarang

    Kawasaki Ninja H2R 2018

    Pada tahun 2018, Kawasaki luncurkan H2 SX. Motor konsep ini menawarkan kecepatan yang luar biasa, di samping kenyamanan dan kepraktisan.

    Versi Khusus Ninja H2

    Jika bisa dibilang, satu-satunya kekurangan dari Ninja H2R adalah legalitasnya yang tidak bisa di geber di jalan raya. 

    Lalu, untuk ini Kawasaki kemudian meluncurkan versi terbaru pada tahun 2017. Dimana memiliki performa yang hampir menyamai H2R, namun road legal, ialah Kawasaki Ninja Carbon H2.

    Motor ini diproduksi sangat terbatas, yakni sebanyak 120 unit yang dibuat. Motor ini dibekali dengan panel bodi berbahan serat karbon dan diberi nomor individual. 

    Baca juga: Keren! Begini Tampilan Baru Motor Honda New CBR250RR

    Fitur dan spesifikasi Kawasaki Ninja H2R

    Fitur Kawasaki Ninja H2R

    Keunggulan dari Kawasaki Ninja H2R juga karena sudah dibekali berbagai macam fitur yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan saat berkendara.

    Motor tercepat ini dibekali dengan banyak fitur-fitur canggih yang tidak ada di motor lain. Tentunya, fitur tersebut ditujukan agar sang rider bisa menguasai motor ini di kecepatan yang tinggi dan tetap aman di jalan.

    Fitur Keselamatan Kawasaki Ninja H2R

    Berikut beberapa fitur khusus yang dikembangkan untuk Ninja H2R:

    • Mode Kontrol Peluncuran Kawasaki (KLCM)

    Fitur ini berfungsi mengatur kontrol peluncuran H2R akan mencegah putaran roda dan meminimalkan wheelies keluar jalur. Pengendara dapat memilih dari tiga mode, masing-masing menawarkan tingkat intrusi yang semakin besar. Cukup tahan throttle terbuka lebar, dan biarkan kopling keluar. KLCM dapat digunakan bersamaan dengan KTRC.

    • Kontrol Traksi Kawasaki (KTRC)

    Mode multi-level sistem KTRC yang baru memberi pengendara lebih banyak pengaturan untuk dipilih. Mode 1 untuk trek, Mode 2 untuk jalanan, dan Mode 3 untuk kondisi basah. Mode Hujan juga tersedia secara terpisah, yang membatasi daya lebih dari 50%. Pada rilisan tahun 2017, H2R mengupgrade pengaturan KTRC menjadi sembilan tingkat kontrol traksi dan ABS.

    • Kontrol Rem Mesin Kawasaki (KEBC)

    Sistem KEBC memungkinkan pengendara untuk mengatur tingkat pengereman mesin. Dengan memilih ‘LIGHT’ di pengaturan KEBC, misalnya, efek engine brake berkurang, sehingga mengurangi gangguan saat berkendara di sirkuit. 

    ABS dapat dinonaktifkan pada H2R. Bahkan, semua alat bantu pengendara dapat dimatikan – jika Anda cukup berani …

    Fitur Tambahan Kawasaki Ninja H2R

    Selain itu, terdapat beberapa fitur-fitur lainnya yang menjadi pendukung. Yakni:

    • Roda aluminium cor ringan
    • Kaliper monoblock Brembo Stylema®
    • Shock belakang dengan remote preload adjuster – Ohlins TTX36
    • Bahan cat yang self healing dan durable
    • Perangkat aerodinamis berbahan serat karbon
    • Bosch IMU dengan perangkat lunak pemodelan dinamis Kawasaki
    • Sistem pengereman ABS – Kawasaki Intelligent Anti-lock Brake System (KIBS)

    Harga Kawasaki Ninja H2R

    Sebagai motor hyper sport dengan teknologi terbaik dan performa paling buas, tentunya membuat motor ini dibanderol dengan harga yang fantastis. 

    Namun, Kawasaki tidak mematok harga yang pasti pada superbike satu ini. Harga bergantung pada pesanan dari konsumen yang masuk. 

    Bisa dipastikan akan terus melambung harga jualnya karena produksi dari motor ini sudah dihentikan oleh Kawasaki Heavy Industries.

    Saat pertama kali dirilis Kawasaki, Harga Ninja H2R dibanderol sebesar $50.000 atau saat ini di kisaran harga Rp 760.000.000. Tentunya, itu hanya harga awal dan harga jual di wilayah Eropa.

    Jika ditambah biaya pajak impor dan pengiriman, harga Kawasaki Ninja H2R di tanah air bisa mencapai hingga Rp 900 juta- 1 milyar. 

    Belum lagi mempertimbangkan hyper bike ini sudah tidak di produksi. Bukan tidak mungkin harganya akan kembali melambung.

    Baca juga: Daftar 15 Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia

    Demikian pembahasan mengenai spesifikasi, dan harga Kawasaki Ninja H2R. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ingin membeli motor bekas dengan harga terjangkau, bisa dengan mengunjungi web OLX dan temukan motor impian Anda!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here