Senin, Agustus 8, 2022
More
    Mobil3 Karakter Unggul di All New Ertiga Hybrid, Apa Saja?

    3 Karakter Unggul di All New Ertiga Hybrid, Apa Saja?

    ​​Keunggulan apa yang paling diinginkan oleh keluarga Indonesia, ada pada mobil Multi Purposed Vehicle (MPV) dan sekaligus akan jadi pertimbangan untuk membelinya?

    Tentunya ada beberapa ekspektasi yang diharapkan oleh konsumen itu sendiri. 

    Secara umum, ada beberapa karakter yang mereka (konsumen) inginkan melekat pada mobil MPV. 

    Secara garis besar ada tiga karakter yang diharapkan, ruang kabin yang lapang, irit bahan bakar dan punya banyak fitur. 

    Tiga karakter utama ini jika ada di sebuah model MPV tentu menjadi keunggulan yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadi pabrikan yang cukup jeli melihat peluang tersebut dengan menghadirkan sebuah mobil keluarga yang memiliki tiga karakter itu.

    Suzuki Ertiga merupakan mobil Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) yang diproduksi oleh Suzuki Indonesia sejak tahun 2012 sampai saat ini. 

    Tepat 10 tahun sejak kehadiran generasi pertama Ertiga, kini Suzuki Indonesia hadir menawarkan Ertiga yang sudah mengadopsi Smart Hybrid, teknologi elektrifikasi.

    Dengan All New Ertiga Hybrid, keluarga Indonesia bisa memiliki mobil MPV yang irit bahan bakar, ruang kabin yang lega, serta punya berbagai fitur kenyamanan, keamanan serta keselamatan yang cukup mumpuni.

    Bahkan All New Ertiga Hybrid menjadi LMPV pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi hybrid.

    Nah, sekarang kita coba untuk membahas satu persatu karakter yang melekat di All New Ertiga Hybrid. 

    Baca Juga : Seirit Apa Suzuki Ertiga Hybrid ‘Minum’ Pertamax Turbo?

    All New Ertiga Hybrid Irit Konsumsi Bahan Bakar

    All New Ertiga Hybrid

    Karakter pertama adalah konsumsi bahan bakar yang irit. Sebenanrnya ini tidak cuma diharapkan ada pada mobil MPV saja, tapi hampir seluruh pemilik mobil, apapun jenisnya sangat mengharapkan mobil yang mereka gunakan irit bahan bakar.

    Konsumsi bahan bakar Ertiga Hybrid sangat irit. Setidaknya ada beberapa faktor pendukung yang menjadikan mobil LMPV Suzuki ini irit.

    Faktor pertama adalah karena mesin K15B yang dipakai sudah menyesuaikan dengan standar EURO4. Mesin ini selain irit, tenaga yang ditawarkan juga cukup besar. 

    Faktor kedua yang bikin Ertiga baru irit adalah karena menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lit-Ion Battery.

    Kedua komponen ini bekerja membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. 

    Baterai Lithium-ion pada All New Ertiga Hybrid mampu memberikan suplai listrik untuk komponen maupun fitur elektronik sehingga dapat meringankan beban kerja mesin sekaligus meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. 

    Perannya terasa penting dan sangat membantu terutama ketika Engine Auto Start-Stop sedang aktif. 

    Untuk meningkatkan faktor keamanan, baterai Lithium-ion tersebut juga dilengkapi dengan wadah kedap udara sehingga membuat baterai aman dari kotoran maupun cipratan air. 

    Baca Juga : Suzuki Ertiga Hybrid Dibanderol Mulai Rp 270 Jutaan, Seberapa Menarik?

    All New Ertiga Hybrid Sudah Pakai Fitur Keselamatan Canggih

    All New Ertiga Hybrid

    Salah satu karakter mobil MPV yang banyak diharapkan oleh konsumen adalah memiliki banyak fitur penunjang keselamatan berkendara.

    Disini Suzuki tidak tinggal diam dengan menghadirkan mobil keluarga yang sudah dijejali berbagai macam fitur terbaik dalam menunjang keselamatan dan keamanan penumpang.

    Yuk kita bahas satu persatu fitur keselamatan yang kini disematkan di All New Ertiga Hybrid:

    Cruise Control 

    Fitur ini merupakan fitur yang membuat kendaraan dapat berjalan dengan kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas. 

    Fitur ini disematkan di All New Ertiga Hybrid untuk memberikan kemudahan bagi pengendara bila ingin berada pada kecepatan tertentu dan bahan bakar mobil lebih irit karena posisi gas yang stabil. 

    Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengendara harus memastikan tombol cruise yang ada pada stir sudah aktif. 

    Kemudian fitur Cruise Control bisa berfungsi pada kecepatan lebih dari 43 Km/jam pada transmisi otomatis dan pada transmisi manual akan aktif pada posisi gigi 3 sampai 5. 

    Apabila Cruise Control tidak aktif namun mesin masih hidup, cukup tekan Res+ maka fungsi Cruise Control aktif kembali. 

    Pada fitur ini, apabila ingin menambah kecepatan cukup tekan Res+ dan jika ingin mengurangi kecepatan tekan Set-. 

    Cara penggunaan fitur ini adalah injak pedal gas guna mengakselerasi kecepatan, kemudian lepas pedal gas maka kecepatan akan kembali pada kecepatan yang sudah di set sebelumnya. 

    Untuk me-non aktifkan fitur ini, tekan cancel atau dengan injak pedal rem. 

    Gear Shift Indicator 

    Fitur ini disematkan untuk memberikan indikasi posisi gigi yang paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid. 

    Cara membacanya pun cukup mudah, yaitu apabila lampu panah ke atas menyala putih maka disarankan posisi gigi dipindahkan ke satu gigi di atasnya. 

    Kemudian apabila lampu panah tidak menyala putih, maka posisi gigi saat ini adalah posisi yang tepat paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar. 

    Terakhir, apabila lampu panah ke bawah menyala putih, maka disarankan posisi gigi dipindahkan satu gigi di bawahnya. 

    Guide Me Light 

    All New Ertiga Hybrid dilengkapi dengan fitur Guide Me Light yang berguna untuk memandu pemilik kendaraan saat akan masuk atau keluar mobil di tempat yang minim cahaya atau gelap. 

    Cahaya yang digunakan adalah berasal dari pancaran sinar lampu utama mobil. 

    Pengendara yang sedang mencari atau menuju kendaraan (to car), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto. 

    Kemudian saat akan masuk mobil, buka pintu mobil dengan remote maka lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis. 

    Sedangkan pengendara yang akan meninggalkan kendaraan (to home), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto dan tuas kanan digerakkan 1x seperti akan memberikan lampu dim. 

    Kemudian saat keluar mobil, kunci pintu mobil dengan remote dan lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis. 

    Electronic Stability Programme (Tipe GX) 

    Fitur ini merupakan teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan yang licin dan berbelok, mencegah over steer dan under steer. 

    Maka dari itu All New Ertiga Hybrid akan menjadi lebih aman karena dilengkapi dengan ESP yang memberikan kestabilan saat melewati jalanan yang licin dan berbelok. 

    Hill Hold Control (Tipe GX-AT) 

    All New Ertiga menjadi lebih aman saat digunakan untuk melewati jalanan yang menanjak karena dilengkapi dengan Hill Hold Control. 

    Fitur ini berguna untuk mengaktifkan rem secara otomatis dan menahan sementara selama 3 detik saat akan melaju di jalan yang menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur. 

    Auto Retractable Outside Mirror 

    Fitur Auto Retractable Outside Mirror hadir untuk All New Ertiga Hybrid GX maupun SS. Membuat mobil lebih praktis, karena spion akan terlipat otomatis saat pengendara mengunci pintu dan spion otomatis terbuka saat pengendara menyalakan mesin. 

    Baca Juga : Siap Meluncur di Indonesia, Ini Keunggulan Ertiga Baru Berteknologi Suzuki Smart Hybrid

    All New Ertiga Hybrid Punya Kabin Luas

    All New Ertiga Hybrid

    Sebagai mobil keluarga, MPV memang didesain untuk bisa mengakomodasi hingga 7 orang penumpang.

    Yang konsumen inginkan adalah mobil MPV yang bisa memuat 7 orang penumpang dengan nyaman, mulai dari baris pertama sampai baris ketiga.

    Karakter ini termasuk yang menentukan konsumen untuk membeli sebuah mobil keluarga. 

    Karena tidak jarang kita pernah mendengar pemilik mobil MPV yang mengeluhkan sempitnya area bangku di baris ketiga, sehingga mereka merasa kurang nyaman untuk duduk disitu. 

    Suzuki Ertiga menjadi salah satu LMPV yang banyak dipilih oleh keluarga Indonesia. Bahkan untuk di segmen mobil bekasnya, mobil keluarga yang diproduksi Suzuki Indonesia ini masih banyak dicari konsumen di platform OLX Autos.

    Alasannya karena mobil ini mampu mengakomodasi tujuh orang penumpang dengan nyaman, dari baris pertama, kedua sampai baris ketiga.

    Ini juga yang menjadi alasan mengapa Ertiga cocok dalam menunjang aktivitas bersama keluarga.

    Kapasitas bagasinya juga cukup besar untuk membawa barang-barang katika melakukan perjalanan jauh bersama  All New Ertiga Hybrid. 

    Secara detail, dimensi All New Ertiga Hybrid seperti ini:

    Panjang:  4,395 meter

    Lebar: 1,735 meter

    Tinggi: 1,69 meter

    Jarak poros roda: 2,74 meter

    Radius putar: 5,2 meter

    Jarak terendah: 0,18 meter

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here