Senin, Agustus 8, 2022
More
    InsightDaftar Mobil Canggih Dengan Fitur Autopilot

    Daftar Mobil Canggih Dengan Fitur Autopilot

    Perkembangan teknologi di dunia IT semakin maju. Salah satunya pengembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Siapa sangka, teknologi AI ini kini banyak digunakan untuk membantu manusia, salah satunya pada bidang otomotif dimana mobil kini memiliki fitur autopilot.

    Jika berbicara tentang mobil autopilot, Anda mungkin mengenal Tesla, salah satu pabrikan mobil yang fokus pada pengembangan mobil listrik dan self-driving. Lalu, apa itu mobil self driving?

    Fitur self driving adalah fitur yang memungkinkan pengemudi untuk menjalankan mobil secara otomatis tanpa perlu menginjak gas atau memutar setir di persimpangan.

    Sistem mobil akan mendeteksi situasi jalan, kendaraan di sekitar, rambu lalu lintas, hingga mobil sampai tujuan dengan aman.

    Di Indonesia sendiri, fitur ini memang belum bisa dirasakan secara optimal karena faktor infrastruktur yang belum sepenuhnya memadai. Namun, bukan tidak mungkin di masa depan, kita tidak lagi memerlukan supir karena mobil bisa berjalan sendiri. 

    Berikut daftar mobil yang memiliki fitur self driving atau autopilot! 

    Baca juga: Harga Mobil Tesla Bekas, Berapa Paling Murah? 

    Mobil Self driving autopilot Tesla Model 3

     1. Tesla Model 3

    Mobil self driving pertama yang akan kita bahas, yakni mobil dengan teknologi terdepan di bidang autopilot, Tesla.

    Model 3 adalah salah satu mobil terlaris yang dirilis oleh Tesla. Sebagai mobil listrik, mobil ini memiliki jangkauan yang sangat jauh yakni 400-450 km dalam sekali pengisian baterai.

    Secara resmi, tingkatan fitur autopilot di pada Tesla adalah Level 2. Fitur ini terdiri atas rangkaian sistem keselamatan pengemudi dan fitur yang membuat mengemudi jadi tidak terlalu melelahkan.

    Tapi tentunya, karena Tesla rutin melakukan update software, akan ada kemungkinan bertambahnya fitur baru yang bisa dinikmati pemilik mobil Tesla dan tidak menutup kemungkinan naiknya level self driving pada Tesla.

    Kelebihan utamanya, tentu saja fitur autonomous drive atau autopilot yang juga dilengkapi dengan cruise control.

    Fungsi utama yang ditawarkan dari sistem autopilot di Tesla Model 3 adalah:

    • Menyesuaikan kecepatan mobil dengan lalu lintas di sekitarnya
    • Membantu kemudi tetap dalam jalur jalan yang tepat, dan berpindah jalur bila dibutuhkan
    • Menavigasikan perjalanan dari awal perjalanan hingga tujuan
    • Parkir otomatis tanpa pengemudi dan mobil juga bisa dipanggil untuk datang menjemput di tempat yang diinginkan
    • Memahami rambu-rambu lalu lintas di jalan dan memproses untuk mematuhi peraturan tersebut.

    Dari segi dapur pacunya, Tesla Model 3 ini dibekali dengan mesin penggerak depan. Catatan terbaiknya mampu melaju dari 0-97 km/jam dalam 5,8 detik. Kecepatan tertinggi 225 km/jam dengan sistem penggerak motor 180kW.

    Dari segi fitur keamanan dan keselamatan, bisa dikatakan Tesla adalah mobil dengan fitur keselamatan tercanggih saat ini. Terdapat pengereman darurat otomatis, sensor titik buta atau blind spot, sensor prediksi tabrakan, dan semua fitur ini masih bisa lebih baik lagi, sejak Tesla melakukan update sistem secara berkala yang menawarkan fitur baru untuk mobilnya. Seperti membeli smartphone!

    Untuk saat ini Tesla Model 3 sudah tidak dijual dari pabrikan. Tetapi bila Anda tertarik, terdapat beberapa unit Tesla Model 3 bekas yang tersedia di OLX Autos.

    Anda bisa mendapatkan layanan test drive, pengecekan detail, dan harga terbaik untuk memiliki mobil autopilot satu ini. Tesla Model 3 dibanderol mulai dari Rp1.1 miliar.

    Baca juga: Mobil Self Driving, Teknologi Autopilot di Mobil Indonesia

    Mobil Self driving autopilot BMW Seri 3

    2. BMW 3 Series

    Selanjutnya, mobil dengan kesan mewah yang melekat pada namanya, BMW. Pabrikan mobil asal Jerman ini  merilis seri terbaru yang semakin mewah dan tetap konsisten dengan faktor kenyamanan, BMW 3 Series.

    Fitur self-driving milik BMW Seri 3 seringkali dibanding-bandingkan dengan Tesla dan dianggap sebagai yang terbaik, dengan skor “Sangat Bagus”. Skor ini yang tertinggi dalam skala penilaian autopilot pada mobil dan hanya diimbangi oleh Audi Q8 dan Mercedes-Benz GLE-Class.

    Secara rating keseluruhan, BMW 3 Series menempati self driving Level 2, setara dengan Tesla Model 3, namun BMW sendiri menyebutkan bahwa fitur mereka Highway Assistant sebagai teknologi yang bisa dianggap self-driving “Level 2 Plus”, karena memiliki kemampuan yang ditingkatkan yang memungkinkan pengoperasian hands-free untuk jangka waktu yang lebih lama.

    Keunggulan utama dari BMW Seri 3 ialah fitur autopilot yang juga belajar dari pemilik mobilnya. Tidak seperti mobil lainnya yang program AI dibangun oleh pabrik, Dalam sistem BMW, mobil juga akan belajar dari kebiasaan, preferensi, dan rute yang biasanya diinginkan oleh pengemudi.

    Harga BMW 3 Series Per 15 Juni 2022

    TipeTransmisiHarga (OTR)
    BMW Series 3 Sedan 320i SportOtomatisRp1.025.000.000
    BMW Series 3 Sedan 330i M SportOtomatisRp1.120.000.000

    BMW Series 3 sudah tidak diragukan lagi nilai prestise dan kualitasnya. Dengan rekam jejak puluhan tahun di Indonesia, BMW memiliki pelayanan after sales yang baik, dan harga jual kembali yang stabil.

    Bagi anda yang tertarik untuk meminang BMW Seri 3, Anda bisa menemukan di OLX mobil bekas BMW yang berkualitas dan melalui pengecekan mendalam. BMW Seri 3  dibanderol mulai dari Rp 780 juta-an.

    Mobil Self driving autopilot Hyundai Palisade

    3. Hyundai Palisade

    Mobil selanjutnya yang juga memiliki fitur self-driving, yakni Hyundai Palisade. Tidak lengkap rasanya bila tidak memasukkan mobil dari kelas SUV, dan Palisade adalah salah satu SUV eksklusif dari Hyundai yang dibekali sistem autopilot.

    Sebenarnya, Hyundai tidak hanya memberikan fitur ini pada Palisade, namun juga pada Kona, Sonata, Santa Cruz, Tucson, Elantra, dan Santa Fe. Fitur ini dinamakan HDA atau Hyundai Driving Assist.

    Fitur ini dapat membantu mobil untuk tetap mengontrol kecepatan yang sesuai dan jarak yang aman saat melintas di jalan bebas hambatan. Selain itu terdapat juga fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCAA) yang meningkatkan sistem keamanan dengan menghentikan mobil secara otomatis apabila tiba-tiba ada potensi terjadinya kecelakaan.

    Namun, karena dari segi fitur autopilot di Palisade masih memerlukan banyak perhatian dari pengemudi, rating SAE pada Palisade masih diangka level 2.

    Fitur-fitur lainnya yang juga disematkan pada Hyundai Palisade yakni pembatas kecepatan, indikator peringatan pada pengemudi, sensor blind-spot, cruise control, dan juga navigasi. Dengan fitur-fitur yang lengkap tersebut, menjadikan mobil pabrikan asal Korea Selatan ini disambut baik oleh konsumen otomotif di Indonesia.

    Baca juga: Keren, Ada Wanita Indonesia yang Ikut Racik Fitur Autopilot Tesla

    Berikut harga Hyundai Palisade di Indonesia per 15 Juni 2022:

    TipeTransmisiHarga (OTR)
    PALISADE D 2.2 AT PrimeOtomatisRp795.000.000
    PALISADE D 2.2 AT SignatureOtomatisRp907.000.000
    PALISADE D 2.2 AT Signature AWDOtomatisRp1.045.000.000
    Mobil Self driving autopilot Toyota Raize

    4. Toyota Raize

    Jangan sangka teknologi self-driving atau mobil otonom hanya dimiliki pada mobil yang mahal. Toyota dengan berani juga menyematkan fitur ini pada compact car-nya yakni Toyota Raize. Pada seri tertingginya yakni tipe 1.0T GR Sport, akan dibekali dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS).

    Fitur ini merupakan teknologi canggih yang dikembangkan Toyota untuk menambah sisi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Keunggulan yang dimiliki oleh self-driving dari toyota ini adalah:

    1. Pre-Collision System (PCS)

    Fungsi radar dan sensor dari kamera yang berfungsi untuk mendeteksi objek di depan mobil untuk menghindari tabrakan atau terjadinya kecelakaan

    1. Automatic High Beam (AHB)

    Menjaga mobil agar tetap di lajur yang benar apabila jalanan memiliki garis penanda yang jelas. Fitur ini cocok untuk mengurangi kelelahan pengemudi terutama pada jalan yang macet atau jalan tol bebas hambatan.

    1. Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)

    Hampir sama dengan PCS, DRCC adalah sensor untuk mendeteksi kendaraan lain di sekitar mobil. Fitur ini memanfaatkan kamera di depan mobil untuk mendeteksi dimensi kendaraan, jarak, dan menyiapkan langkah khusus apabila terjadi situasi darurat seperti kendaraan lain masuk ke jalur depan. Fitur ini sangat penting untuk keselamatan pengemudi.

    1. Road Sign Assist

    Salah satu fungsi utama dari self-driving agar mobil bisa berjalan dengan aman, dan juga mengikuti peraturan di jalan dengan baik. Dengan road sign assist, sensor mobil akan mendeteksi adanya rambu lalu lintas tertentu dan memprosesnya untuk dilakukan tindakan. Misal mengerem dan berhenti saat mendeteksi lampu merah, atau mengarahkan setir ke arah tertentu untuk menghindari jalan satu arah.

    1. Adaptive Cruise Control

    Kemudian, seperti halnya cruise control yang banyak dimiliki oleh mobil lain, pada TSS, cruise control tak hanya untuk mengontrol kecepatan mengemudi, namun juga untuk menjaga jarak mobil dengan kendaraan lainnya.

    Dengan bermacam fitur canggih tersebut, semua bisa anda dapatkan didalam mobil compact dan dalam jangkauan harga menengah kebawah. TSS sebenarnya tidak hanya disematkan pada Raize, namun juga pada rilisan Toyota lainnya di kelas berbeda. Diantaranya seperti Avanza G CVT TSS, Veloz Q CVT TSS, All New Voxy, Alphard, Fortuner, dan New Corolla Altis.

    Level self driving dari Toyota Raize ini ada di Level 1 karena dilengkapi dengan cruise control, namun fitur ini masih belum bisa diterapkan di sebagian besar jalan khususnya pada jalan dengan kondisi yang tidak jelas garis pembatasnya.

    Harga Raize di Indonesia per 15 Juni 2022 yakni:

    TipeTransmisiHarga (OTR)
    Raize 1.2 G CVT ONE TONECVTRp244.700.000
    Raize 1.0T G M/T ONE TONEManualRp249.200.000
    Raize 1.0T G CVT ONE TONECVTRp264.300.000
    Raize 1.0T GR CVT ONE TONE CVTRp277.600.000
    Raize 1.0T GR CVT TWO TONECVTRp280.200.000
    Raize 1.0T GR CVT TSS ONE TONECVTRp299.200.000
    Raize 1.0T GR CVT TSS TWO TONECVTRp301.900.000
    Mobil Self driving autopilot Toyota Voxy
    All New toyota Voxy. (Toyota)

    5. Toyota Voxy

    Selanjutnya di daftar mobil dengan fitur autopilot, yakni rilisan  dari Toyota yang cukup mencuri perhatian, Toyota Voxy. Mobil ini bisa dibilang merupakan Alphard versi “lite”. MPV premium keluaran dari Toyota ini didesain sebagai mobil kelas premium dan mengutamakan kenyamanan bagi penumpangnya.

    Dengan fungsi yang sebagian besar sudah di jelaskan pada bagian Raize, Voxy terbaru ini memiliki rating Self-Driving di angka Level 1. Tentunya hal ini bisa meningkat seiring dengan update teknologi pada Toyota Safety Sense yang akan dirilis Toyota kedepannya.

    Voxy mendapatkan fitur teknologi terbaru dari Toyota yakni Toyota Safety Sense dengan fitur yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebagai mobil anyaran dari Toyota, Voxy juga dilengkapi dengan platform baru yakni Toyota New Global Architecture atau TNGA yang berfungsi untuk meningkatkan performa kendaraan. 

    Selain mengutamakan kenyamanan, namun dari segi mesin mobil ini tidak bisa diremehkan. Voxy diperkuat dengan mesin 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC dengan torsi yang jauh lebih baik dari mobil sekelasnya. 

    Karena mobil ini yang memiliki fitur TSS baru saja dirilis, anda hanya dapat membeli dalam kondisi baru. Untuk harga All New Voxy hanya tersedia untuk satu-satunya tipe yang diluncurkan yakni Voxy 2.0 CVT dengan harga OTR Rp562.700.000

    Baca juga: Kenapa Kita Butuh Mobil yang Bisa Mengemudi Sendiri?

    Beli Mobil Bekas Self Driving

    Mobil self driving bisa dikatakan sebagai mobil menengah keatas, karena kecanggihan, dan fiturnya yang mengutamakan kenyamanan pengemudi. Oleh karena itu, harga mobil self driving umumnya lebih mahal karena tidak banyak diproduksi dan tingginya biaya riset untuk mengembangkan mobil ini. 

    Jika OLXers berencana untuk membeli mobil self driving bekas, berikut beberapa tips yang bisa membantu:

    1.  Tetapkan anggaran yang realistis

    Cara terbaik untuk menghemat uang ketika membeli mobil bekas, ialah sesuaikan pilihan mobil pada berapa banyak anggaran yang disiapkan. cobalah untuk tetap dalam kisaran itu. Selain itu, pertimbangkan juga terkait cicilan, biaya bahan bakar, pajak, asuransi dan perawatan rutin.

    2.  Ketahui dan pilih pembayaran paling sesuai

    Anda punya kebutuhan mendesak untuk memiliki mobil, bisa menggunakan cicilan mobil bekas. Jika bisa lebih bersabar dan ingin menghindari biaya bunga yang tinggi, anda bisa menabung terlebih dahulu dan mengumpulkan anggaran untuk membeli mobil bekas. 

    3.  Tukar tambah mobil

    Ingin upgrade kendaraan dengan menukar mobil lama anda dengan mobil bekas lainnya yang anda minati, tentu saja hal ini menjadi tips yang baik untuk menghemat anggaran! Di OLX Autos, anda bisa menukar mobil bekas anda, dengan mobil lainnya yang ada di dealer OLX. Dengan fasilitas inspeksi mobil dari montir berpengalaman, anda akan mendapatkan taksiran harga terbaik untuk mobil yang anda idamkan!

    Baca juga: Trade In Mobil Bekas di OLX Autos, Mudah Aman dan Menguntungkan

    4.  Pastikan kelengkapan surat-surat dan dokumen mobil

    Memiliki mobil tentu menjadi idaman bagi banyak orang. Tapi jangan sampai, mobil anda membawa masalah baru bagi OLXers apabila mobil bekas yang anda beli merupakan kendaraan curian, atau terdapat masalah dalam legalitasnya.

    Pastikan membeli mobil bekas pada dealer atau penjual yang bisa anda percayai. Salah satunya OLX Autos dengan jaminan program #Pilihyangpasti. Jaminan ini menguntungkan pembeli dengan mendapatkan garansi mesin 30 hari dan garansi 7 kembali uang kembali, pasti mendapatkan gratis biaya perawatan dan ganti oli, serta pasti mendapat layanan Home Test Drive.

    Demikian beberapa contoh mobil di Indonesia yang telah memiliki fitur Self-Driving. Bagaimana menurut anda, apakah tertarik dengan teknologi baru ini? Jika penasaran dan ingin mencoba langsung kecanggihan fitur autopilot di mobil, anda bisa memesan test drive di OLX Autos! Dengan puluhan jaringan dealer di Indonesia, silahkan kunjungi dealer terdekat dan rasakan pengalaman menggunakan mobil canggih ini!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here