Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori9 Cara Hilangkan Jamur di Kaca Mobil Secara Mandiri

    9 Cara Hilangkan Jamur di Kaca Mobil Secara Mandiri

    Kaca mobil yang berjamur dapat mengganggu visibilitas saat berkendara. Bila kaca mobil Anda ini kotor yang berjamur tentu akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Apalagi saat hujan yang mampu membuat visibilitas semakin jelek.

    JAKARTA – Pada musim hujan, cuaca di Indonesia cukup sulit diprediksi. Terkadang cuaca yang panas namun tidak lama kemudian bisa berubah menjadi hujan yang deras. Bahkan tidak jarang hujan turun saat cuaca panas yang ternyata dapat mempengaruhi kondisi kendaraan Anda.

    Tentunya bukan pada bagian mesin mobil, namun pada sisi eksterior mobil kesayangan Anda, dengan timbulnya jamur pada kaca mobil akibat air hujan yang cepat mengering sebelum dibersihkan. Selain kaca, bodi mobil pun bisa ikut berjamur dengan noda-noda kecil yang bila diakumulasikan dalam jangka waktu lama bisa menjadi noda kusam yang tidak akan hilang hanya dengan dicuci.

    Untuk kaca sendiri merupakan salah satu bagian mobil yang cukup penting. Apalagi untuk pengemudi sebagai visibilitasnya dalam memperhatikan keadaan jalan. Bila kaca mobil Anda ini kotor yang berjamur tentu akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Apalagi saat hujan yang mampu membuat visibilitas semakin jelek.

    Maka dari itu perawatan kaca mobil ini harus Anda tahu sehingga bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel saat kurasakannya belum parah. Apalagi saat Anda menginginkan bahwa mobil yang biasa Anda pakai untuk dijual. 

    Baca juga: Cara Mudah Membersihkan dan Mencegah Kaca Mobil Berjamur

    Timbulnya jamur pada kaca mobil yang sudah parah tentu akan menurunkan harga jualnya. Memiliki mobil dengan kondisi prima pasti akan mudah untuk menjualnya kemudian. Berikut ini adalah cara menghilangkan jamur pada kaca mobil Anda agar terlihat jernih dan tidak mengganggu kenyamanan berkendara.

     

    Menghilangkan jamur pada kaca mobil sebenarnya cukup mudah dan  dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Cukup sediakan waktu dan beberapa perlengkapan simpel untuk menangani jamur ini. Kegiatan ini pun bisa Anda lakukan saat akhir pekan untuk mengisi waktu libur Anda dalam bekerja.

    1. Membersihkan kaca mobil usai terkena hujan

    Sebuah pencegahan paling dini adalah dengan mencuci mobil atau membersihkan kaca mobil usai terkena hujan. Hal ini untuk menghindari titik-titik air yang tersisa pada kaca mobil yang nantinya berpotensi menjadi jamur. 

    Kaca pada mobil ini bisa Anda bersihkan menggunakan sabun yang biasa dipakai untuk mencuci mobil dan bersihkan secara bersih menggunakan kanebo dan dilanjutkan dengan kain microfiber agar bersih secara tuntas. Selain itu perlu dibersihkan juga bagian wiper dari kotoran dan maupun pasir yang terjebak di bagian karetnya agar tidak merusak kaca mobil Anda.

    2. Bersihkan dengan baking soda

    Baking soda merupakan salah satu bahan yang cukup efektif dalam membersihkan jamur pada kaca mobil. Menggunakan bahan ini untuk membersihkan kaca mobil tentu tidak berbahaya bagi manusia.

    Bahan ini bisa membersihkan dan menyerap sisa kelembaban yang mendorong pertumbuhan jamur pada kaca mobil.

    Campuran soda kue dan air yang dilarutkan bisa menjadi pembersih yang kuat dan disemprotkan pada kaca yang lalu di lap untuk dibersihkan. 

    3. Menggunakan pembersih jamur khusus kaca mobil

    Saat dicuci dan menggunakan baking soda tidak mempan, Anda bisa menggunakan pembersih jamur pada kaca mobil. Namun dalam membeli pembersih jamur ini Anda harus memperhatikan bahan yang ada di dalamnya dan tentunya aman dan mudah digunakan pada kaca mobil.

    Jangan sampai pembersih jamur yang Anda gunakan malah membuat kaca mobil rusak hingga lecet karena penggunaan bahan yang salah. Dalam mencari bahan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil ini Anda bisa menggunakan Glass Scrub saat jamur sudah terlihat jelas di kaca mobil. Usai membersihkannya, Anda bisa melapisi kaca mobil menggunakan Rain Clear.

    Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

    4. Menggunakan minuman bersoda

    Selain enak untuk dikonsumsi, minuman bersoda ternyata bisa untuk membersihkan kaca mobil yang berjamur. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan membersihkan kaca mobil terlebih dahulu, lalu membasahi kain lembur atau pasta gigi dengan minuman bersoda. Selanjutnya tinggal digosokan pada kaca mobil yang ingin Anda bersihkan secara lembut.

    Lakukan ini secara merata hingga jamur pada kaca mobil Anda hilang. Perlu diingat jangan campurkan air biasa dengan minuman bersoda karena akan mengurangi efeknya.

    5. Menggunakan pemutih pakaian

    Biasa digunakan untuk mencuci baju karena memiliki noda yang membandel, pemutih pakaian bisa juga digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Pembasmi jamur pada kaca mobil yang sederhana ini bisa Anda gunakan dengan membasahi kain dengan pemutih pakaian tersebut.

    Gosokan kain yang telah dibasahi tersebut secara perlahan pada bagian kaca yang berjamur sampai bersih. Perlu diingat bahwa kain yang digunakan harus kain lembut yang tidak menimbulkan goresan pada kaca mobil.

    6. Menggunakan air tembakau

    Air dari rendaman tembakau ternyata bisa digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Penggunaannya pun cukup simpel, hal ini bisa diawali dengan merendam tembakau kering menggunakan air bersih selama 20 menit.

    Selanjutnya bersihkan terlebih dahulu kaca mobil Anda yang berjamur menggunakan air dingin. Setelah kering barulah Anda bersihkan kaca mobil berjamur tersebut dengan air tembakau sampai bersih. 

    Setelah selesai bilas kaca mobil Anda menggunakan air bersih.

    7. Menggunakan Cuka

    Cuka Apel bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil, caranya adalah mencampurkan tiga sendok makan cuka apel dengan 1 liter air. Lalu celupkan kain pada campuran cuka tersebut dan selanjutnya digosokan pada bagian kaca mobil Anda yang berjamur.

    Setelah jamur tersebut hilang, lalu keringkan kaca mobil Anda menggunakan koran.

    8. Menggunakan alkohol

    Penggunaan alkohol sebagai pembersih jamur pada kaca mobil bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan pada alkohol dengan kadar 60%. Kemudian gosokan perlahan pada permukaan kaca yang berjamur hingga bersih. Lalu jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih.

    9. Menggunakan pasta gigi

    Pasta gigi merupakan salah satu bahan yang cukup ampuh dalam membersihkan jamur pada kaca mobil. Menggunakannya pun cukup mudah dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang terkena jamu lalu diamkan hingga mengering.

    Setelah kering bisa dibilas menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan kain.

    Cara menghilangkan jamur di kaca kendaraan mobil

    Penyebab Kaca Mobil Berjamur

    Penyebab dari kaca mobil yang berjamur ini bisa disebabkan oleh beraneka macam faktor. Salah satu faktor yang banyak menimbulkan jamur pada kaca mobil ialah air hujan. Maka dari itu saat mobil Anda terkena hujan bisa dibilas menggunakan air pada bagian kaca mobilnya atau sekalian dicuci secara bersih.

    1. Sisa air hujan yang menempel

    Setelah mobil Anda digunakan dan diguyur oleh air hujan, tentu masih banyak sisa air yang menempel pada bagian eksterior mobil Anda. Baik itu bodi hingga kaca mobil yang bisa dipastikan bisa menimbulkan jamur.

    Apabila tidak segera dibersihkan bibit jamur yang ada pada kaca mobil ini akan semakin membandel dan susah untuk dibersihkan. Apalagi air yang tersisa ini kering usai terkena sinar matahari.

    2. Mengeringkan mobil tidak sempurna

    Kaca mobil
    Kaca mobil perlu dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin. (Shutterstock)

    Selain air hujan, pengeringan mobil usai dilakukan pencucian ternyata dapat menyebabkan jamur pada kaca mobil. Proses pengeringan ini tidak boleh disepelekan, karena nanti dapat mengakumulasikan jamur dalam jumlah yang banyak dalam jangka waktu lama.

    Baca juga: Cara Mudah Cegah Jok Kulit Mobil Berjamur

    3. Kualitas air yang jelek

    Kualitas air yang digunakan untuk mencuci mobil terkadang juga mempengaruhi tumbuhnya jamur pada kaca mobil. Kualitas air yang mengandung banyak kapur dapat mengakibatkan munculnya jamur.

    Memiliki kendaraan yang terawat tentu akan membuat harga jualnya stabil dan mendapatkan harga terbaik saat dijual kembali. Jangan lupa untuk memilih mitra terpercaya saat menjual mobil Anda agar mendapatkan penawaran terbaik, serta pembayaran instan seperti OLX Autos.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait