Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriDaftar Mobil Listrik Mitsubishi, Di Jepang Ada yang Dijual Rp200 Jutaan

    Daftar Mobil Listrik Mitsubishi, Di Jepang Ada yang Dijual Rp200 Jutaan

    Di saat semua pabrikan otomotif dunia menunjukan hasil buatan mobil listriknya, Mitsubishi pun tidak ingin ketinggalan. Pabrikan otomotif asal Jepang ini sudah memiliki beberapa jenis mobil listrik yang sudah dipasarkan.

    Mobil listrik memang tengah menjadi sebuah kendaraan primadona karena menjadi kendaraan ramah lingkungan serta irit dan dapat menghemat energi. Pasalnya bila dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar minyak, jumlah energi yang sama dapat membawa mobil listrik menempuh jarak yang lebih jauh.

    Namun meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini harga mobil listrik masih lebih mahal dibandingkan dengan mobil konvensional. Sehingga terdapat kelebihan dan kekurangan yang menyertainya. 

    Untuk mobil listrik Mitsubishi sendiri sampai saat ini sudah ada beberapa jenis yang dipasarkan. Mulai dari kei car hingga SUV.

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya! 

    Mobil listrik buatan Mitsubishi ini pun memiliki tampilan khas seperti gaya dynamic shield yang masih diterapkan para mobil listriknya.

    Berikut daftar mobil listrik Mitsubishi yang dapat Anda simak di bawah ini:

    Mi-Tech Buggy

    Mi-Tech Buggy
    Mi-Tech Buggy (coolmaterial)

    Masih menjadi mobil listrik konsep dari Mitsubishi. Mobil ini diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2019. Dilihat dari penampilannya, mobil ini langsung ketahuan bahwa menjadi mobil SUV.

    Desain dari mobil ini terinspirasi dengan mobil berjenis buggy. Mitsubishi Mi-Tech sudah mengusung desain global Mitsubishi yaitu Dynamic Shield pada bagian depan. Membuat penampilan mobil ini terlihat gagah meski grill depannya nampak tertutup.

    Salah satu teknologi yang paling menarik perhatian dari mobil ini adalah Augmented Reality (AR) di jendela depan. Karena masih menjadi mobil konsep, belum banyak diulas mengenai harga hingga spesifikasi dari mobil ini.

    i-MiEV

    i-MiEV
    i-MiEV (Wikipedia)

    Selanjutnya ada Mitsubishi i-MiEV yang merupakan akronim dari Mitsubishi innovative Electric Vehicle. Mobil listrik dari Mitsubishi ini merupakan jenis hatchback lima pintu yang sudah diproduksi pada tahun 2010. 

    Untuk versi rebadge, mobil Mitsubishi i-MiEV ini dijual menjadi Peugeot iOn dan Citroën C-Zero. i-MiEV adalah mobil listrik produksi massal berkemampuan jalan raya modern pertama di dunia.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    i-MiEV merupakan mobil listrik yang dibekali dengan motor listrik pada bagian belakang yang dapat menghasilkan tenaga 66 hp dan keluaran torsi 180 Nm. 

    Untuk motornya sendiri memiliki pendingin air, dan terdapat radiator mobil konvensional di bagian depan mobil dengan kipas angin elektrik. Daya jelajah dari i-MiEV pun ini masih sangat terbatas hanya mencapai 100 km.

    Kendaraan ini menggunakan transmisi gigi reduksi kecepatan tunggal yang menggerakkan roda belakang dan memiliki  paket baterai lithium-ion 16 kWh. Kecepatan tertinggi mobil adalah 130 km/jam.

    Di bawah pengujian lima siklusnya, US EPA menilai model tahun 2012 Mitsubishi i Amerika dengan kombinasi penghematan bahan bakar setara 112 MPGe (2,1 L/100 km) di jalan raya. 

    Kelebihan:

    1. i-MiEV sepenuhnya listrik, sehingga tidak mengeluarkan emisi gas buang dan bahan bakar fosil, sehingga lebih ramah lingkungan.
    2. Mengoperasikan i-MiEV jauh lebih murah daripada mobil dengan mesin pembakaran internal.
    3. Ukuran kecil i-MiEV memudahkan pengemudi untuk parkir di tempat yang sempit.
    4. Mesin listrik i-MiEV sangat responsif dan dapat memberikan tenaga maksimum segera setelah pengemudi menekan pedal gas.

    Kekurangan:

    1. Jangkauan sekitar 100 km dalam kondisi normal, yang berarti mobil ini hanya cocok untuk perjalanan pendek.
    2. Hanya memiliki kapasitas untuk empat penumpang dan sedikit ruang bagasi.
    3. i-MiEV memerlukan waktu lebih lama untuk diisi dayanya daripada mengisi.
    4. Harga  i-MiEV relatif tinggi dibandingkan dengan mobil dengan mesin pembakaran internal, meskipun pengoperasiannya lebih murah dalam jangka panjang.

    Harga

    Mitsubishi i-MiEV meski sudah diproduksi sejak lama namun mobil ini tidak dijual di Indonesia. Di negara lain mobil ini dijual dengan harga Rp550 jutaan.

    Baca juga: Mitsubishi i, Mobil Langka Cuma Ada 3 Unit di Indonesia 

    Outlander PHEV

    Outlander PHEV
    Outlander PHEV (Mitsubishi)

    Seperti namanya, mobil ini adalah mobil plug-in hybrid. Outlander PHEV ini dirilis di Jepang sejak Oktober 2021. Mobil ini memiliki penampilan gagah dengan desain seperti mobil Mitsubishi Outlander dengan mesin konvensional.

    Selain itu mobil Mitsubishi Outlander PHEV ini pun memenangkan penghargaan Technology Car of the Year Award pada tahun 2021–2022 Japan Car of the Year Awards.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Mobil Mitsubishi Outlander PHEV menggunakan mesin 4B12 dengan motor listrik bertenaga baterai dengan daya 20kWh.

    Memberikan peningkatan output daya di bagian depan ditambah dengan motor belakang. Mobil ini dapat menempuh jarak hingga 87 km dalam mode listrik saja. 

    Mesin dari mobil ini memiliki tenaga 170 PS pada 6000 rpm dan 226–232 N⋅m pada 4100 rpm. 

    Keunggulan berupa fitur discharging atau penyaluran kembali arus listrik pada Mitsubishi Outlander PHEV dapat mengeluarkan listrik hingga 1.500 Watt. Mobil ini mampu menyalakan peralatan rumah tangga selama 10 hari berturut-turut.

    Kelebihan:

    1. Outlander PHEV dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik karena menggunakan mesin listrik dan baterai yang dapat diisi ulang.
    2. Mobil ini juga dapat mengurangi emisi gas buang karena dapat beroperasi dalam mode listrik
    3. Outlander PHEV dapat menampung hingga tujuh penumpang dan memiliki ruang kargo yang luas
    4. Outlander PHEV memiliki jarak tempuh yang lebih jauh daripada mobil listrik murni karena memiliki mesin bensin sebagai backup, sehingga lebih cocok untuk perjalanan jarak jauh.

    Kekurangan:

    1. Outlander PHEV lebih mahal daripada model Outlander lainnya, dan meskipun dapat menghemat uang dalam jangka panjang.
    2. Bobot tambahan dari baterai dapat membuat Outlander PHEV lebih berat, sehingga mengurangi efisiensi bahan bakar dan performa.
    3. Outlander PHEV mungkin tidak responsif dan lincah dalam mengemudi seperti mobil listrik atau model Outlander lainnya karena bobot tambahan dari baterai.

    Harga

    Untuk dapat memiliki Mitsubishi Outlander PHEV ini Anda harus merogoh kocek hingga Rp898 jutaan.

    All-new eK X EV

    Mitsubishi All-new eK X EV
    Mitsubishi All-new eK X EV (Mitsubishi)

    Mitsubishi All-new eK X EV merupakan mobil listrik yang baru saja dirilis oleh Mitsubishi dalam segmen mobil kei car. Dipasarkan pada pertengahan tahun 2023, mobil ini memiliki desain mungil atau Xpander mini.

    Meski begitu, menurut Mitsubishi mobil ini memiliki rasa SUV dengan dimensi kompak. Gaya khas dynamic Shield yang selalu digunakan oleh Mitsubishi ini menjadi penampilan khas depan mobil listrik ini.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Mitsubishi All-new eK X EV merupakan mobil listrik yang telah dilengkapi dengan teknologi Innovative Pedal Operation Mode. Pengendara dapat mengontrol akselerasi dan deselerasi hanya dengan satu pedal. 

    eK X EV adalah model EV generasi terbaru dengan gaya SUV. Mobil ini dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas 20 kilowatt. Mobil ini pun dapat menempuh jarak hingga 180 km dalam sekali pengisian.

    Mitsubishi melengkapi eK X EV dengan dua port pengisian daya di antaranya pengisian reguler (AC200V/14,5A), yang membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai pengisian penuh. Selain itu ada pengisian cepat dengan waktu 40 menit pengisian daya sampai 80 persen. 

    Meskipun tidak mengungkapkan performa dari dari mini Xpander ini, namun eK X EV mempunyai torsi maksimumnya adalah 195 Nm dengan tiga drive mode diantaranya mode Normal, mode Eco dan mode Sport.

    Kelebihan:

    1. Memiliki berat yang relatif ringan dan ukuran yang kecil, eK X EV sangat responsif dan lincah dalam mengemudi di lingkungan perkotaan yang sibuk.
    2. Desainnya menarik seperti Xpander mini.
    3. Hemat energi.

    Kekurangan:

    1. Daya jelajah mobil ini yang masih terbatas sehingga tidak bisa untuk perjalanan jauh.
    2. Hanya dapat mengangkut sedikit penumpang.
    3. Harganya yang relatif masih tinggi dibandingkan dengan mobil konvensional yang memiliki performa sama.

    Harga

    Sebagai mobil kei car listrik yang baru saja dirilis, Mitsubishi All-new eK X EV ini dijual dengan harga Rp200 jutaan usai mendapat subsidi di Jepang.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil Listrik Murah di Indonesia, Ada Satu yang Harganya Gak Sampai Rp100 Juta

    Minicab MiEV

    Minicab MiEV
    Minicab MiEV (Mitsubishi)

    Selain menyasar untuk jenis mobil listrik kei car dan SUV. Ternyata Mitsubishi juga sudah memiliki mobil listrik untuk segmen kendaraan niaga. Mobil ini adalah Mitsubishi Minicab MiEV.

    Minicab MiEV dipamerkan Mitsubishi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Model ini merupakan kendaraan niaga ringan yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

    Mobil yang biasanya menjadi kendaraan operasional perusahaan logistik di Jepang ini adalah proyek percontohan alias pilot study untuk pasar Indonesia. Mobil niaga listrik disebut cocok digunakan di Indonesia dengan pertimbangan limitasi jarak tempuh dan harga.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Minicab MiEV ditenagai baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km.

    Dibekali daya listrik 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V. Mobil listrik niaga ini dapat menghasilkan tenaga hingga 40 hp pada 2500–6000 RPM dan 196 Nm pada 0–300 RPM.

    Waktu pengisian daya pada mobil ini kurang lebih 15 hingga 35 menit sampai 80%. Kapasitas muatan kira-kira sama dengan Minicab biasa, yaitu 350 kg dengan dua penumpang.

    Kelebihan:

    1. Dimensi yang kompak sehingga mudah untuk parkir maupun melalui jalan sempit dan macet di kota-kota besar.
    2. Irit energi dan perawatan.

    Kekurangan:

    1. Dari bentuknya yang kompak, membuat mobil ini memiliki daya angkut yang terbatas untuk mobil niaga bila diterapkan di Indonesia.
    2. Daya jelajahnya yang terbatas.

    Harga

    Untuk harganya sendiri mobil ini dibanderol dengan harga Rp300 jutaan.

    Nah, itulah ulasan mengenai mobil listrik dari Mitsubishi. Pasar otomotif dunia saat ini memang sedang populer dengan hadirnya mobil listrik di tengah masyarakat yang menjadi pilihan kendaraan ramah lingkungan.

    Kalau soal membeli mobil bekas, jangan sampai salah pilih. Pastikan untuk mendapatkan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli di OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait