Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    BeritaFord di Indonesia, Awal Menjadi ATPM Hingga Akhirnya Hengkang dan Datang Kembali

    Ford di Indonesia, Awal Menjadi ATPM Hingga Akhirnya Hengkang dan Datang Kembali

    Pabrikan mobil Ford di Indonesia menarik untuk dibahas. Banyak yang belum tahu jika pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1950-an.

    News.OLX – Tapi saat itu Ford belum memiliki pabrik, melainkan masuk secara utuh (CBU) melalui importir umum dan didominasi oleh kendaraan-kendaraan komersial.

    Sejarah Ford sendiri di Indonesia memang cukup menarik dibahas. Pasalnya merek mobil Amerika ini sudah cukup dikenal di Tanah Air. Bahkan sampai kini masih menyisakan banyak sekali Ford Enthusiast yang selalu setia menunggu produk-produk barunya.

    Untuk menambah wawasan kalian, yuk kita baca sekelumit sejarah mobil Ford di Indonesia, dari awal menjadi agen tunggal pemegang merek (ATPM) hingga akhirnya memutuskan hengkang dan sekarang Ford datang kembali.

    Tahun 1989 Ford menjadi ATPM

    Di tahun 1989 Ford mulai serius di Indonesia dan mulai mendirikan perusahaan di bawah naungan Indonesia Republic Motor Company (IRMC) sekaligus menjadi dan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia saat itu.

    Saat itu Ford langsung memperkenalkan beberapa produk unggulan seperti TX-3, TX-5, Cortina, dan Laser yang sukses diminati di Indonesia.

    mobil ford (1)

    Tahun 2000 Ford bangkit

    Di akhir tahun 1990an pamor Ford meredup dan bangkit kembali di bawah PT Ford Motor Indonesia (FMI). Pada era itu Ford semakin menegaskan eksistensinya sebagai agen tunggal pemegang merek (APM) Ford di Indonesia. 

    Baca juga: Inilah Daftar 15 Mobil Termahal di Dunia Tahun 2023

    FMI memperkenalkan Ford Ranger dan Ford Everest, dan model-model ini membawa kesuksesan Ford di Indonesia. Kualitas Ford sebagai mobil berkualitas asal Amerika semakin diakui melalui produk-produk ini.

    Meskipun penjualan mobil Ford tidak setara dengan mobil-mobil buatan Jepang yang harganya lebih terjangkau, Ford terus berinovasi dan mengeluarkan produk baru, memenuhi kebutuhan pasar. 

    Tahun 2010 lahir Ford Everest, Focus, dan Fiesta

    Di tahun ini Ford memberikan penyegaran pada Ford Everest dan Ford Focus, serta memperkenalkan Ford Fiesta di Indonesia. Satu tahun berselang, Ford Ranger mendapat penyegaran.

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    Ford juga memasuki segmen SUV dengan meluncurkan EcoSport di Indonesia, merespons tingginya permintaan mobil Sport Utility Vehicle.

    Tahun 2015, Ford meluncurkan New Focus, New Ranger, dan All New Everest. Sayangnya, penjualan mobil Ford mengalami penurunan pada tahun 2015 dibandingkan tahun sebelumnya.

    Tahun 2016 penjualan Ford terus menurun lalu hengkang dari Indonesia

    Tahun 2014 Ford mencatat angka penjualan sebanyak 12.008 unit, kemudian menurun drastis di tahun 2015 dengan penjualan sisa 4.968 unit. Bahkan di tahun berikutnya lagi, Ford ‘terjun bebas’ dengan penjualan hanya 484 unit. 

    Kondisi ini pun memaksa Ford untuk menghentikan produksinya di Indonesia, yang kemudian diumumkan di paruh kedua tahun 2016. Berhentinya operasional Ford di Indonesia termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan serta impor resmi semua kendaraan Ford. Merek mobil asal Amerika ini pun lalu mengucapkan “sayonara” Indonesia.

    Faktor penurunan penjualan menjadi alasan Ford untuk mundur dari Indonesia, namun pasar otomotif Indonesia tetap menarik bagi produsen otomotif besar seperti Ford.

    Tahun 2022 Ford kembali ke Indonesia

    Setelah enam tahun vakum, Ford kembali hadir di Indonesia pada Maret 2022, kali ini di bawah naungan RMA Group Indonesia.

    Kembalinya Ford ke Indonesia membawa pembaruan pada Ford Ranger dan Ford Everest, menunjukkan komitmen Ford untuk merebut kembali pasar otomotif Indonesia dengan inovasi dan kualitas yang dimilikinya.

    Dengan sejarahnya yang kaya dan pengalaman di industri otomotif global, Ford berharap untuk sukses di Indonesia sekali lagi.

    Baca juga: 5 Cara Cari Pom Bensin Terdekat, Sangat Mudah Lewat HP

    Temukan mobil-mobil Ford di OLX Member of Astra, Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait