Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    BeritaToyota Avanza Berubah Total, Ini Perbedaan dan Harganya

    Toyota Avanza Berubah Total, Ini Perbedaan dan Harganya

    PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan All New Toyota Avanza. Mengusung tagline baru yaitu Build for Greater Inspiration, si Mobil Sejuta umat ini mengalami ubahan yang sangat drastis dibandingkan dua generasi sebelumnya.

    Bahkan Toyota mengklaim, All New Avanza mengalami perubahan 180 derajat dalam pengembangan desain eksterior, interior, yang tidak hanya dirancang untuk mobilitas yang nyaman dan aman, tetapi dapat menginspirasi dan menjadi warisan bagi generasi berikutnya dalam sebuah keluarga.

    Menurut Asia Region, Toyota Motor Corporation, Susumu Matsuda, Regional Operating Officer (ROO), sebagai model global yang dikembangkan di Indonesia, Avanza telah menjadi brand penting bagi Toyota Global dan Toyota Indonesia.

    “Avanza mencerminkan komitmen dan upaya kuat Toyota dalam menghadirkan ever-better car yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan mobilitas di Indonesia, tetapi juga dijual di banyak negara secara global,” ungkap Matsuda dalam acara peluncurannya melalui virtual.

    “Kami bersyukur Avanza telah diterima secara luas tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh banyak orang di seluruh dunia, sehingga menjadi salah satu brand Toyota yang paling populer di Indonesia dan Asia Pasifik,” sambungnya.

     Sementara itu, Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengatakan, All New Avanza merupakan mobil yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap ever-better car yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh anggota keluarga saat bermobilitas.

    “Kami harap kehadiran All New Avanza dapat menjadi wujud nyata komitmen kami untuk menghadirkan Mobility Happiness for All, bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

    Perubahan All New Toyota Avanza

    Tampilan All New Toyota Avanza. (Toyota)

    Eksterior Toyota Avanza terbaru

    Secara tampilan luar, desain All New Toyota Avanza benar-benar berubah total, namun Toyota tetap mengklaim bahwa ini adalah mobil keluarga yang masuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).

    Ya, jika dilihat dari wajah depan, desain bumper hitam pekat dengan garis horizontal, ditambah headlamp menggunakan lampu LED, serta beberapa tipe berbagai panel chrome membuat mobil ini jadi terasa elegan.

    Oia, Avanza terbaru juga pada bagian samping terlihat garis yang memanjang dari lampu depan sampai belakang, sehingga terlihat siluet bodi membelah dua bagian.

    Belum lagi bagian samping terasa berbeda karena pada bagian kaki-kaki hadir New Dashing Two Tone 16 Inch Alloy Wheel (tipe 1,5 G) dengan tema tiga dimensi kontemporer.

    Pada bagian belakang All New Avanza, juga berubah tak terkecuali keberadaan New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp.

    Dimensi Toyota Avanza terbaru

    All New Toyota Avanza juga disebut semakin luas pada bagian kabin. Ini tak lepas dari  pengembangan mobil ini yang banyak diubah, sehingga dimensinya jadi melar.

    Ya, untuk panjang mobil ini kini mencapai 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm, dan radius putar 4,9 meter.

    Dengan dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

    Interior Toyota Avanza terbaru

    Tampilan interior All New Toyota Avanza terbaru interior. (Toyota)

    Imbas dari dimensi yang berubah, seperti disebutkan diatas membuat kabin ikut dirombak. Ya, ini membuat jarak antara penumpang baris pertama dan kedua mencapai 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm.

    Gerak maju mundur 240 mm pada kursi baris kedua, dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm, membantu memastikan 7 penumpang dapat tetap bergerak lebih leluasa.

    Jok All New Avanza juga disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode, sehingga dianggap mirip di rumah sendiri.

    Oia, untuk memberikan rasa nyaman, All New Avanza hadir New Striking Full Dashboard Design (tipe 1,5 G) yang disertai panel instrumen yang dapat memberikan berbagai informasi melalui New TFT MID 4,2 Inch.

    Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button, kemudian New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit (1,5 G), yang terkoneksi dengan radio, USB, dan Bluetooth.

    Selain itu, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (tipe 1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan di sisi setir.

    Fitur terbaru Toyota Avanza terbaru

    All New Toyota Avanza didukung fitur terbaru berupa T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada model premium yaitu New Camry.

    Dengan T Intouch, maka teknologi telematika yang terpasang dapat menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

    Adaya T Intouch bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.  

    Adapun manfaat dari T Intouch pada All New Avanza yaitu menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi yang terintegrasi.

    Dimana dengan fitur ini, terdapat Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir, lalu fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pengemudi.

    T Intouch juga hadir dengan fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

    Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

    Terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan mengalami kecelakaan, yang menghubungkan konsumen dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

    Fitur Keselamatan Toyota Avanza terbaru

    Toyota telah menerapkan fitur keselamatan pada All New Avanza, berupa Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA), dimana semua model ada fitur ini. Tak terkecuali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

    Untuk varian All New Avanza (tipe 1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan enam Airbags yang terletak di depan pengemudi dan Penumpang, samping serta tirai.

    Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot.

    Oia, untuk All New Avanza tipe 1,5 G CVT TSS, lebih lengkap fitur keselamatannya karena sudah dilengkapi teknologi yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

    TSS pada All New Avanza terdiri dari empat fitur keselamatan, yaitu Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, serta Front Departure Alert.

    Performa mesin Toyota Avanza terbaru

    All New Toyota Avanza hadir dengan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru.

    Ya, mesin pertama adalah 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder, Dual VVT-i menghasilkan tenaga 96 Tk dan torsi 12,4 Kgm. Serta mesin kedua adalah 2NR-VE, berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, Dual VVT-I menghasilkan tenaga 104 Tk dan torsi 14 Kgm.

    Yang lebih menarik dari All New Avanza ini yaitu hadirnya transmisi Continuous Variable Transmission (CVT), yang dilengkapi dengan split gear baru, sehingga memberikan rasio gigi lebih lebar, dan berimbas pada akselerasi bertenaga dan lebih halus saat melakukan perpindahan.

    Tidak hanya itu, sebagai model yang serba baru, Toyota Avanza generasi ketiga ini dilengkapi  Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF).

    Platform FF dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension pada suspensi depan dan belakang. Alhasil, All New Avanza mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang.

    Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

    Tipe dan harga Toyota Avanza terbaru

    All New Toyota Avanza hadir dengan empat tipe yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).

    Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, All New Avanza hadir dengan warna Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic, dan White.

    Berikut ini daftar harga All New Toyota Avanza:

    – 1.3 E M/T Rp 206.200.000

    – 1.5 G M/T Rp 228.500.000

    – 1.5 G CVT Rp 241.400.000

    – 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos selama ajang GIIAS 2021. Adapun OLXer Anda juga bisa melakukan booking sekarang untuk bisa mendapatkan gift card hingga Rp 5 juta. Untuk yang ingin booking bisa klik Di SINI

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait